Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Hargreaves Yakin Sancho Bisa Raih Ballon D'Or

Senin 18 May 2020 19:03 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Jadon Sancho

Jadon Sancho

Foto: EPA-EFE
Sancho memiliki gaya permainan yang khas dan unik

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Mantan gelandang bertahan Manchester United (MU), Owen Hargreaves, menilai, dengan kemampuan yang dimilikinya, Jadon Sancho mempunyai peluang untuk meraih trofi Ballon d'Or atau penghargaan pemain terbaik sedunia pada masa mendatang.

Hargreaves pun menyebut, Sancho memiliki gaya permainan yang khas dan unik, yang akhirnya dapat memberikan keuntungan buat tim yang dibelanya.

Pada musim ini, winger Borussia Dortmund itu memang tampil begitu impresif. Di kancah Bundesliga musim ini, Sancho menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih dua digit dalam hal torehan gol dan assist.

Winger berusia 20 tahun mengemas 14 gol dan 16 asisst dari 24 caps di pentas Bundesiga. Karena itu, sejumlah klub besar Eropa, termasuk Manchester Unietd, berharap bisa merekrut Sancho.

Hargreaves menyebut, siapapun tim yang bisa mendapatkan Sancho akan menjadi tim begitu beruntung. Meski bakal ditebus dengan banderol transfer yang mahal, tapi Sancho akan memberikan dampak besar pada permainan tim.

Hargreaves bahkan menyebut Sancho bakal menjadi sorotan utama dalam beberapa tahun mendatang lantaran kemampuan uniknya di atas lapangan.

"Apakah dia dapat meraih Ballon d'Or? Tentu saja, karena dia memiliki potensi yang begitu besar untuk bisa mengungguli pemain lain. Hingga kini, dampak yang dia berikan kepada tim yang dia bela benar-benar mencengangkan,'' kata Hargreaves kepada BT Sports, Senin (18/5).

Mantan gelandang timnas Inggris itu mengaku, United memiliki sedikit keunggulan dibanding tim lain dalam mengamankan tanda tangan Sancho. Kendati saat ini Manchester City dan Liverpool menjadi tim terkuat di pentas Liga Primer Inggris, tapi United tetap menarik minat sejumlah pemain muda lantaran dikenal sebagai klub yang kerap mempromosikan pemain muda.

Tidak hanya itu, Sancho juga tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi dengan situasi Kota Manchester. Pasalnya, sebelum hijrah ke Borussia Dortmund pada 2017, Sancho sempat terdaftar sebagai pemain di akademi sepak bola Manchester City.

Di sisi lain, tutur Hargreaves, United juga membutuhkan rekrutmen pemain seperti Sancho untuk bisa kembali bersaing di papan atas.

Sementara dari segi permainan, winger asal Inggris dinilai bisa memberikan perbedaan dalam sebuah pertandingan. ''Sangat sulit mengantisipasi pemain seperti ini. Dia bisa menemukan ruang saat pemain-pemain lain tidak bisa, seperti saat menghadapi tim yang bertahan dengan begitu dalam,''  tutur Hargreaves, yang sempat memperkuat Bayern Muenchen sebelum hijrah ke United.

Bahkan, mantan pemain kelahiran Kanada itu menyebut, Sancho bisa lebih baik dari Kylian Mbappe dan Neymar. Pendapat ini didasarkan Hargreaves saat menjadi komentator di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, saat Borussia Dortmund menggasak Paris Saint Germain (PSG), 2-1, Februari silam.

''Pada saat itu, Sancho menjadi pemain terbaik di atas lapangan, lebih dari Mbappe ataupun Neymar. Level dia benar-benar luar biasa, baik dalam hal menciptakan peluang ataupun gol,'' ujar Hargreaves.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA