Senin 18 May 2020 14:27 WIB

Mau Beres-Beres? Singkirkan Barang Ini

Banyak barang menumpuk di rumah sehingga mengesankan rumah kita sempit.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Satya Festyiani
Pengisi Daya Nirkabel
Foto: Dailymail
Pengisi Daya Nirkabel

REPUBLIKA.CO.ID, Terkadang kita tak menyadari, beberapa barang di sekitar kita masih kita simpan meskipun tak memiliki kegunaan lagi. Akibatnya, banyak barang menumpuk di rumah sehingga mengesankan rumah kita sempit dan tak lagi memiliki ruang yang luas. 

Baca Juga

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyortir barang-barang tersebut, sehingga kita pun bisa memulai untuk menyumbangkannya atau memberikannya kepada yang lebih membutuhkan. Namun, problema lainnya adalah, ketika akan menyortirnya, kita bingung dari mana memulainya.

Berikut beberapa barang yang mungkin bisa mulai Anda sortir, direkomendasi dari laman Good Housekeeping. 

Kabel-kabel Lama

Anda mungkin tidak akan pernah menggunakan kabel lama, misalnya kabel pengisi daya ponsel lama Anda. Teknologi saat ini berjalan sangat cepat, sehingga hal itulah yang merupakan alasan yang tepat untuk menyingkirkan kabel lama Anda.

Daftar Menu Lama dari Restoran

Berkembangnya teknologi memungkinkan Anda untuk dengan mudah menemukan daftar menu-menu baru dari restoran favorit Anda. Hampir semua restoran pun memiliki menu secara daring. Oleh karenanya, jika Anda memiliki daftar menu lama dari sebuah restoran, inilah saatnya untuk menyingkirkannya ke tempat daur ulang kertas. 

Kacamata dengan Lensa Lama

Jika Anda memiliki sebuah kacamata lama dengan lensa lama, sementara Anda telah memiliki kacamata baru dengan lensa terbaru sesuai dengan kebutuhan mata Anda, maka tak ada alasan lain untuk tak menyumbangkannya. Seseorang pasti membutuhkan kacamata lama Anda. 

Petunjuk Manual Produk

Setelah Anda merangkai sebuah barang furnitur, Anda tidak memerlukan lagi petunjuk manual karena Anda tidak akan pernah menggunakannya lagi.

Kwitansi Obat Lama

Jika kwitansi itu tak lagi diperlukan lagi, kecuali untuk mengklaim hak Anda, maka Anda tak akan membutuhkannya. 

Kotak kardus

Setelah selesai pindah rumah, saatnya untuk menyingkirkan kotak kardus. Jika Anda membutuhkan penyimpanan jangka panjang, cobalah beberapa kotak penyimpanan yang lebih bagus.

Papan Permainan yang Tidak Lagi Dimainkan

Terkadang, kita telah bosan terhadap satu papan permainan dan memutuskan untuk tak menggunakannya lagi. Jika demikian, pertimbangkan untuk menyumbangkannya ke badan amal, rumah sakit, atau perpustakaan di sekitar Anda. 

Kaus Kaki yang Tak Cocok

Banyak dari kita yang memiliki kaos kaki tunggal atau hanya satu sisi saja karena satu sisi yang lain menghilang entah kemana. Oleh karenanya, kita tidak akan menggunakan kaos kaki itu karena tak memiliki pasangan. Dengan demikian tak ada alasan lagi untuk tak membuang kaos kaki tunggal itu. 

Peralatan Makan dari Plastik

Biasanya, kita mendapatkan peralatan makan seperti sendok dan garpu pada saat membeli makanan yang dibawa pulang. Setelahnya, kita mungkin menyimpannya lagi. Namun, inilah saatnya untuk membuang peralatan itu. Jika Anda ingin menyimpan lebih lama, maka pertimbangkan peralatan makan yang terbuat dari bambu.

 

Paket Bumbu Lama

Restoran biasanya tak segan memberikan bumbu lebih untuk dimakan bersama makanan yang kita pesan. Dan ketika makanan habis, bumbu pun masih tersisa dan kita biasanya simpan ke dalam lemari es. Namun, hal itu ternyata tak baik lantaran ada hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpannya. Sebaiknya, buang bumbu lama tersebut, dan buatlah sendiri bumbu itu jika esok menginginkannya lagi. 

Perlengkapan Bayi

Tentu, menyingkirkan perlengkapan bayi sangat menyedihkan karena penuh dengan kenangan bersama anak Anda. Namun, jika pakaiannya dalam kondisi baik, mereka dapat membantu keluarga yang membutuhkan.

DVD

Orang-orang mungkin sangat hati-hati mengumpulkan koleksi film favorit mereka. Namun, Anda tidak perlu membuang koleksi semua DVD favorit Anda. Anda dapat dengan mudah membersihkan ruang di rumah Anda dengan membuang film-film yang saat ini telah tersedia secara streaming.

Pisau Lama

Mungkin sudah waktunya untuk melempar pisau lama Anda, terutama pisau steak yang murah dan tidak mudah diasah.  Mereka sebenarnya lebih berbahaya dan berbahaya daripada pisau tertajam Anda. Donasikan pisau lama Anda, tetapi pastikan Anda membungkus pisau dengan kardus sebelumnya dan beri label untuk keselamatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement