Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

KoinWorks Raih Pendanaan Rp 149 Miliar

Senin 18 May 2020 13:55 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi

KoinWorks

KoinWorks

Foto: koinworks.com
KoinWorks akan memanfaatkan pendanaan ini untuk memperkuat bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KoinWorks mengumumkan penerimaan pendanaan senilai 10 juta dolar AS atau sekitar Rp149 miliar di tengah masa pandemi Covid-19. Komitmen pendanaan berasal dari Lendable yang merupakan sebuah perusahaan Inggris penyedia pinjaman untuk pasar negara berkembang.

Chief Financial Officer (CFO) KoinWorks, Mark Bruny menyampaikan ,pendanaan tersebut membuktikan meskipun dunia dilanda Covid-19, pendanaan masih mengalir ke negara berkembang. Ia memastikan kecukupan modal fintech untuk bertahan di kondisi sulit ini.

"Modal kami masih terjaga kuat," kata Mark dalam keterangan pers, Senin (18/5).

Baca Juga

KoinWorks menjaga kualitas pinjamannya dengan melakukan pendekatan berbasis data yang dikombinasikan dari proses perbankan tradisional untuk credit scoring. Pembaharuan sistem kelayakan kredit tersebut disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19 dengan mengikuti seluruh peraturan yang telah dikeluarkan oleh OJK.

Chief Executive Officer Lendable, Daniel Goldfarb mengatakan, ini merupakan transaksi pendanaan pertama di Asia. Di masa yang bergejolak saat ini, Lendable berkomitmen terus mendukung segmen masyarakat unbanked dan underbanked dengan menyediakan pendanaan melalui perusahaan fintech.

"Menutup transaksi pertama kami di Asia merupakan tonggak sejarah yang berharga bagi Lendable dan kami senang melakukannya dengan mitra terbaik seperti KoinWorks," katanya.

CEO & Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono menjelaskan, sebagai perusahaan yang fokus pada pendanaan sektor produktif, KoinWorks akan memanfaatkan pendanaan ini untuk memperkuat bisnis yang dijalankan pelaku UKM digital di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui dukungan dari ribuan pendana retail dan institusi keuangan lain yang selama ini telah bersama mendorong pertumbuhan bisnis UKM digital, terutama di masa pandemi.

KoinWorks sebelumnya juga telah menginisiasi beberapa program untuk mendukung UKM digital di Indonesia. Salah satunya melalui digital social movement #LokalSupportLokal. KoinWorks meluncurkan microsite lokalsupportlokal.id dan mengajak masyarakat, brand, serta media menyumbangkan halaman media sosialnya untuk membantu mempromosikan produk yang ditawarkan oleh para pelaku UKM.

Selain itu, KoinWorks bersama dengan East Venture telah berhasil menyelesaikan program aksi nyata KoinDonasi chapter 1 yang digunakan untuk pembuatan test-kit dan riset genetika pengembangan vaksin Covid-19. Saat ini KoinDonasi kembali melakukan penggalangan dana yang ditujukan untuk penyediaan APD.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA