Senin 18 May 2020 12:06 WIB

Membanggakan, Mahasiswa UNS Sabet Penghargaan Internasional

Berbagai negara turut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gerbang Kampus UNS (ilustrasi)
Gerbang Kampus UNS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Vinka Dorothy Purba, menorehkan prestasi di tingkat international dengan predikat Best Essay Writing Competition "Write For Charity" Let’s Fight Covid-19 Together. Kompetisi ini diadakan oleh GYIMUN Global Youth International Model United Nations (GYIMUN) yang bekerja sama dengan Dhyeya Foundation, Non Government Organization (NGO) dari India.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi nonregular FISIP ini mengaku mendapat informasi lomba dari akun sosial media temannya dari India. Berbagai negara turut berpartisipasi dalam lomba tersebut, di antaranya, Indonesia, India, Pakistan, Afrika, Malaysia dan Filipina.

"Lomba ini sangat menarik bagi saya karena memiliki tujuan untuk membantu orang-orang yang terdampak Covid-19 di India. Uang pendaftaran dari peserta inilah yang nantinya akan disumbangkan," ujar Vinka seperti tertulis dalam siaran pers.

Vinka memilih tema yang sesuai dengan kapasitasnya yakni Charity Starts From Home. Menurutnya dari semua tema yang terdaftar hanya tema ini yang memungkinkan baginya untuk ditulis. Pengerjaannya tidak memakan waktu lama. Kurang dari sepekan karya esai milik mahasiwa angkatan 2019 ini berhasil diselesaikan.

"Lewat esai ini, saya ingin mengajak orang untuk membantu melawan Covid-19 dari rumah dengan saling tolong menolong di lingkungan sekitar yang paling dekat dalam hal ini tetangga. Bantuan ini bisa disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki setiap orang. Karena melawan Covid-19 bukan hanya tugas dokter dan perawat, tetapi kita sebagai masyarakat yang bertetangga untuk saling memperhatikan satu sama lain," imbuhnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement