Thailand Izinkan Sholat Idul Fitri di Zona Hijau

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 May 2020 10:22 WIB

Thailand Izinkan Sholat Idul Fitri di Zona Hijau. Muslim Thailand Foto: AP Thailand Izinkan Sholat Idul Fitri di Zona Hijau. Muslim Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Pemerintah Thailand mengizinkan penyelenggaraan sholat Idul Fitri di wilayah hijau atau minim penularan corona. Penyelenggaraannya wajib memenuhi segala prosedur kesehatan pencegahan corona.

Ulama ternama di Thailand, Aziz Phithakkhumphon mengatakan pemerintah menunjukkan kemajuan dalam penanganan corona sehingga sholat Idul Fitri bisa diizinkan di wilayah hijau. Namun, pengurus masjid wajib mengadakan sholat Idul Fitri di area terbuka seperti lapangan, halaman masjid atau stadion. Jamaah sholat wajib mengenakan masker, berwudhu dari rumah, dan membawa sajadah sendiri.

Baca Juga

"Rangkaian sholat Idul Fitri harus disingkat menjadi 20 menit," kata Aziz dilansir dari Bernama, Senin (18/5).

Kemudian, jamaah patut memperhatikan kebersihan selama rangkaian sholat. Jamaah juga menjaga jarak satu sama lain agar tak berdekatan. Jika pengurus masjid tak sanggup memenuhi prosedur kesehatan, maka Muslim disarankan sholat Idul Fitri di rumah saja.

"Aktivitas lain seperti jamuan Idul Fitri di masjid dan kegiatan lain yang mengumpulkan banyak orang tidak diizinkan," ujar Aziz.

Muslim disarankan tak menggelar acara kumpul-kumpul di masa Idul Fitri. "Orang-orang harus menghindari acara kumpul keluarga dan jangan berkumpul saat ziarah," ucap Aziz. 

photo
Infografis tata cara sholat idul fitri di rumah. - (Republika)