Senin 18 May 2020 00:10 WIB

Ini Alasan Amien Rais Rajin Baca Alquran Setiap Hari

Amien heran dengan orang Islam yang terkadang tak membaca Alquran dalam waktu lama.

Rep: Nawir Arsyad / Red: Andi Nur Aminah
 Amien Rais
Foto: Republika/Edi Yusuf
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menggelar diskusi daring dengan mantan Ketua MPR Amien Rais. Dalam diskusi tersebut, Amien mengungkapkan salah satu alasan mengapa ia dapat membaca Alquran setiap hari.

"Alquran ini menunjukkan jalan yang solid, jalan yang lurus, jalan yang betul-betul tegas, terang-benderang. Karena itu kepada mereka yang beriman dan beramal soleh akan diberikan pahala yang besar," yakin Amien dalam diskusi daring, Ahad (17/5).

Baca Juga

Ia meyakini, Alquran merupakan informasi mutlak dari Allah. Di mana ayat di dalamnya harus diyakini kebenarannya akan membawa ke arah yang lebih baik. "Sehingga kurang adil informasi dari Allah yang mutlak benar, kita abaikan. Sementara kalau koran, itu kan malah kita tertipu," ujar Amien.

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengaku heran, dengan orang Islam yang terkadang tak membaca Alquran dalam waktu yang lama. Berbeda dengan dirinya, yang merasa tidak baik jika tak membaca Alquran sehari saja.

"Kita sementara ini melihat orang Islam itu tidak baca Alquran tidak apa-apa. Saya tidak baca sehari sudah tidak enak sekali, apa lagi dua hari," ujar Amien.

Guna menumbuhkan disiplin dalam membaca Alquran, ia mengusulkan jelang Muktamar Muhammadiyah ada tes membaca Alquran. Pasalnya, ia masih melihat sejumlah anggota dari muda hingga tua hanya hafal surat pendek.

"Jangan kalah sama mahasiswa UI, mahasiswa UI itu tidak bisa mendapat ijazah dari fakultasnya kalau belum bisa membaca Alquran," ujar Amien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement