Ahad 17 May 2020 13:19 WIB

Odesa Indonesia Serukan Solidaritas Sosial

'Para pekerja harian ini benar-benar mengandalkan pendapatan setiap hari'.

Odesa Indonesia Serukan Solidaritas Sosial
Foto: Odesa Indonesia
Odesa Indonesia Serukan Solidaritas Sosial

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Relawan Yayasan Odesa Indonesia semakin serius aksi blusukan ke warga di pinggir kota. Di kawasan Cimenyan Kabupaten Bandung, berbatasan dengan Kota Bandung, Yayasan Odesa Indonesia menemukan lebih dari 5.000 Keluarga pekerja harian dan penggarap tanah pertanian kecil mengalami kesulitan hidup. ''Jika 5.000 keluarga tersebut rata-rata berisi empat anggota Keluarga, maka terdapat 20.000 jiwa yang sedang kesulitan hidupnya,'' tandas salah seorang pegiat Odesa Indonesia, Basuki Suhardiman dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (16/5).

Jumlah ini pun menurut Yayasan Odesa Indonesia adalah keluarga yang golongan keadaannya sudah berstatus miskin. Sementara di luar itu masih banyak sekali golongan rawan miskin yang hanya dalam hitungan tiga minggu langsung jatuh miskin.  ''Dari data ini juga hanya terjadi di satu kecamatan, yaitu Cimenyan. Belum memasukkan data lapangan dari Kecamatan Cilengkrang, Cieleunyi dan sejumlah kecamatan lain di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Metropolitan Kota Bandung,'' papar Basuki yang juga dosen di ITB.

Para pekerja harian ini benar-benar mengandalkan pendapatan setiap hari. Kecukupkan pangan mereka secara normal rata-rata hanya bertahan antara 10-15 hari. ''Terlebih pada akhir bulan puasa ini, banyak orang-orang mulai resah karena aktivitas pekerjaan yang tidak normal. Bahkan kalau bekerja sekalipun saat ini tidak akan menghasilkan uang yang layak untuk pemenuhan nafkah sehari-hari,'' ungkapnya. 

Golongan pekerja harian yang kesulitan nafkah tersebut, menurut Yayasan Odesa Indonesia terdiri dari pengojek pangkalan pinggir kota hingga perdesaan dengan pendapatan di bawah Upah Minimum Kabupaten  (rata-rata 1,6 juta perbulan) pembantu rumah tangga harian (rata-rata Rp 1,2 juta perbulan), pelayan toko (rata-rata Rp 1,7 juta perbulan), jasa service rumah tangga (rata-rata Rp 2juta perbulan), penjual hasil tani tradisional (rata-rata Rp 1,8 juta perbulan), pekerja bangunan (rata-rata Rp 1,8juta perbulan), buruh tani (rata-rata Rp 900 perbulan), dan pekerja bidang lain yang rata-rata pendapatannya juga setara. Bantuan atau sumbangan menurutnya bisa disalurkan melalui rekening  BRI No. Rek 763701000854506 a.n Yayasan Odesa Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement