Ahad 17 May 2020 07:01 WIB

Benarkah Salaman Usai Sholat tak Ada Landasan Haditsnya?

Sahabat berebut salaman dengan Rasulullah usai sholat.

Sahabat berebut salaman dengan Rasulullah usai sholat. Ilustrasi sholat berjamaah.
Foto: Ronny Muharman/Antara
Sahabat berebut salaman dengan Rasulullah usai sholat. Ilustrasi sholat berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, Bersalaman ketika sholat dalam kondisi normal, di luar pandemi Covid-19, sering kali mendapat kecaman karena tidak ada dasar haditsnya. Benarkah demikian? 

Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, KH Ma’ruf Khozin, menegaskan bahwa bersalaman setelah sholat banyak sekali dijelaskan ulama salaf di sejumlah karya mereka. 

Baca Juga

Di antaranya adalah Imam Nawawi pengarang kitab Al Minhaj fi Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj mengatakan, bersalaman setelah sholat Subuh dan Ashar adalah bidah yang diperbolehkan. Mana haditsnya? 

Terdapat dua hadits. Para sahabat setelah sholat berebut bersalaman dengan Nabi setelah Ashar (HR Bukhari). Dalam riwayat lain setelah Subuh (riwayat Ahmad). Berikut isi haditsnya:  

ﻋَﻦِ اﻟﺤَﻜَﻢِ، ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑَﺎ ﺟُﺤَﻴْﻔَﺔَ، ﻗَﺎﻝَ: «ﺧَﺮَﺝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﺎﻟﻬَﺎﺟِﺮَﺓِ ﺇِﻟَﻰ اﻟﺒَﻄْﺤَﺎءِ، ﻓَﺘَﻮَﺿَّﺄَ ﺛُﻢَّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻈُّﻬْﺮَ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ، ﻭَاﻟﻌَﺼْﺮَ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ، ﻭَﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ ﻋَﻨَﺰَﺓٌ» ﻗَﺎﻝَ ﺷُﻌْﺒَﺔُ ﻭَﺯَاﺩَ ﻓِﻴﻪِ ﻋَﻮْﻥٌ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﺃَﺑِﻲ ﺟُﺤَﻴْﻔَﺔَ، ﻗَﺎﻝَ: «ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻤُﺮُّ ﻣِﻦْ ﻭَﺭَاﺋِﻬَﺎ اﻟﻤَﺮْﺃَﺓُ، ﻭَﻗَﺎﻡَ اﻟﻨَّﺎﺱُ ﻓَﺠَﻌَﻠُﻮا ﻳَﺄْﺧُﺬُﻭﻥَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ ﻓَﻴَﻤْﺴَﺤُﻮﻥَ ﺑِﻬَﺎ ﻭُﺟُﻮﻫَﻬُﻢْ، ﻗَﺎﻝَ ﻓَﺄَﺧَﺬْﺕُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻓﻮﺿﻌﺘﻬﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺟْﻬِﻲ ﻓَﺈِﺫَا ﻫِﻲَ ﺃَﺑْﺮَﺩُ ﻣِﻦَ اﻟﺜَّﻠْﺞِ ﻭَﺃَﻃْﻴَﺐُ ﺭَاﺋِﺤَﺔً ﻣِﻦَ اﻟﻤِﺴْﻚِ» رواه البخاري

Dari Al Hakam dia berkata, “Aku mendengar Abu Juhaifah berkata,” Rasulullah SAW keluar menuju Batha’ lalu berwudhu dan sholat jamak Zuhur Ashar masing-masing dua rakaat, dan di tangannya ada sisa-sisa air. Syu’bah berkata dan Aun menambahkan, dari ayahnya Abu Juhaifah, berkata, ”Rasulullah lewat di belakangnya ada perempuan, para sahabat bergegas berdiri dan menyamber tangan Rasulullah (setelah sholat) lalu.   mengusapkan ke wajah mereka. Abu Juhaifah berkata, ”Aku ambil raih tangan beliau lalu aku letakkan ke mukaku, dan ternyata dia lebih dingin dari salju dan lebih wangi dibanding aroma misk.” (HR Bukhari).  

ﻋَﻦْ ﺟَﺎﺑِﺮِ ﺑْﻦِ ﻳَﺰِﻳﺪَ ﺑْﻦِ اﻷَْﺳْﻮَﺩِ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ: ﺣَﺠَﺠْﻨَﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺣَﺠَّﺔَ اﻟْﻮَﺩَاﻉِ، ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﺼَﻠَّﻰ ﺑِﻨَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺻَﻼَﺓَ اﻟﺼُّﺒْﺢِ ﺃَﻭِ اﻟْﻔَﺠْﺮِ ... ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻳَﻮْﻣَﺌِﺬٍ ﺃَﺷَﺐُّ اﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻭَﺃَﺟْﻠَﺪُﻩُ. ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﻤَﺎ ﺯِﻟْﺖُ ﺃَﺯْﺣَﻢُ اﻟﻨَّﺎﺱَ ﺣَﺘَّﻰ ﻭَﺻَﻠْﺖُ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺳُﻮﻝِ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﺄَﺧَﺬْﺕُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻓﻮﺿﻌﺘﻬﺎ ﺇِﻣَّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺟْﻬِﻲ ﺃَﻭْ ﺻَﺪْﺭِﻱ، ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﻤَﺎ ﻭَﺟَﺪْﺕُ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺃَﻃْﻴَﺐَ ﻭَﻻَ ﺃَﺑْﺮَﺩَ ﻣِﻦْ ﻳَﺪِ ﺭَﺳُﻮﻝِ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ. رواه احمد

Dari Jabir bin Yazid bin Al Aswad dari ayahnya, dia berkata, ”Kami haji bersama Rasulullah ketika haji wada, kemudian sholat subuh atau fajar dengan Rasulullah, ketika itu aku paling muda, aku masih berjubelan dengan sahabat lain sampai akhirnya berhadapan dengan Rasulullah, aku raih tangannya, lalu aku letakkan di atas wajah dan dadaku, tidak aku dapatkan sesuatu lebih dingin dan wangi ketimbang tangan Rasulullah SAW.” (HR Ahmad)

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement