Ahad 17 May 2020 04:18 WIB

Kemensos Alokasikan Bansos Tunai untuk 50.234 KK di Karawang

Kemensos menyalurkan bantuan sosial tunai untuk warga di Karawang

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Penyaluran Bansos tunai (ilustrasi)
Foto: ASEP FATHULRAHMAN/ANTARA FOTO
Penyaluran Bansos tunai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyalurkan secara simbolik bantuan sosial Tunai (BST) di Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/5). Bantuan tunai yang kali ini diberikan kepada 253 KK warga di Kecamatan Cikampek.

Mensos menyatakan bahwa, dalam menangani dampak pandemi Covid-19 terhadap masyarakat miskin dan rentan. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial menempuh berbagai program jaring pengaman sosial. 

Baca Juga

"Selain meningkatkan jangkauan dan indeks bantuan untuk bansos reguler, kami juga menyalurkan bansos khusus yakni bansos sembako Bantuan Presiden dan BST," katanya. 

Juliari menyebutkan Kemensos mengalokasikan penerima BST di Kabupaten Karawang kepada sebanyak 50.234 KK. Adapun untuk seluruh Provinsi Jawa Barat, BST menjangkau 1.070.758 KK. 

Ia menuturkan BST disalurkan kepada warga miskin dan rentan terdampak Covid-19 di luar Jabodetabek sebanyak 9 juta KK. Mereka adalah KPM di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako, dengan indeks bantuan Rp600 ribu/KK/bulan selama tiga bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020. 

"Distribusi bansos sembako menjangkau 1,9 juta kepala keluarga (KK). Dimana untuk DKI Jakarta menjangkau 1,3 juta KK, dan Kabupaten Bogor, Kota Tangerang dan Tangsel, Depok dan Bekasi (Bodetabek/daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) menjangkau 600.000 KK," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement