Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Pengamat: Skenario Prabowo Lawan Anies di 2024 Bisa Terjadi

Sabtu 16 May 2020 16:55 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan

Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Foto: Dok. Pribadi
Pengamat menilai prediksi Amien Rais soal pilpres 2024 bisa saja terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago menanggapi peta politik 2024 yang diutarakan oleh Amien Rais. Menurutnya, Pilpres 2024 akan berbeda ketimbang dua Pilpres sebelumnya dimana para kontenstannya sudah jelas, jadi peta politik 2024 versi Amien berpeluang jadi kenyataan.

"Peta politik 2024 sangat dinamis dan pasti bakal banyak kejutan. Skenario simulasi kontestasi elektoral Prabowo-Puan (PDIP-Gerindra) vs Anies Baswedan-Sandi atau Anies Baswedan- AHY (PKS, PAN, PPP, Demokrat, PKB) mungkin saja simulasi tersebut terjadi," kata Pangi saat diwawancara Republika.co.id, Sabtu (16/5).

Pangi menilai pertarungan elektoral untuk berebut kursi RI 1 akan terbilang sengit dan kompetitif. Masing-masing kubu sama sama punya kans untuk menang. Namun Pangi menyoroti jika prestasi Prabowo tidak membanggakan sebagai Menteri Pertahanan maka bisa menjadi beban tersendiri. Bahkan tak menutup kemungkinan akan dianggap bagian dari sisa rezim saat ini.

Baca Juga

"Sehingga andai Prabowo tetap memainkan peran oposisi full dan bersama rakyat mengkritik kebijakan yang tidak pro rakyat dan seandainya kemarin menolak kursi menteri, saya pikir Prabowo tetap masih laku di jual pasar, jauh lebih elegan dan punya kans besar terpilih menjadi presiden," ujar Pangi.

Walau begitu, ada ambang batas presiden threshold dimana yang memungkinkan menjadi calon presiden adalah yang punya partai. Sehingga jika Prabowo kembali maju, Anies akan mencari dukungan partai lain.

"Disinilah awal Anies dan Gerindra pecah kongsi. Anies akan lancar dan mulus, kalau Prabowo tidak lagi maju menjadi calon presiden," ucap Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu.

Sebelumnya, Amien menggelar diskusi virtual yang dimoderatori oleh Refly Harun. Keduanya membahas banyak isu politik baik di masa lalu maupun teraktual. Salah satunya, Amien buka-bukaan tentang pengangkatan Gus Dur sebagai Presiden dan membicarakan peta politik 2024.

Prabowo diklaim sebagai tokoh dominan pada Pilpres mendatang. Prabowo berpeluang maju didampingi Puan Maharani. Tak menutup kemungkinan, Prabowo akan menghadapi Anies Baswedan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA