Senin 25 May 2020 10:25 WIB

Gol Spektakuler Miroslav Stoch

Miroslav Stoch, mencetak gol indah saat membela Fenerbahce pada 2012.

Miroslav Stoch
Foto: footballmanagerstory.com
Miroslav Stoch

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Miroslav Stoch, mencetak gol indah saat membela Fenerbahce pada 2012. Gol tersebut didaulat penghargaan FIFA Puskas Award 2012.

Pemain berusia 23 tahun itu mendapat suara terbanyak dalam polling yang dilakukan oleh FIFA melalui situs resminya FIFA.com. Gol indah Stoch dicetak saat ia membela Fenerbahce menghadapi Genclerbirligi dalam laga lanjutan Liga Super Turki pada 3 Maret 2012.

Pemain asal Slowakia ini mendapat umpan dari tendangan sudut. Ia langsung melepaskan tendangan voli kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola yang ia tendang benar-benar melengkung dan mengarah ke sudut kiri atas gawang lawan dan berbuah menjadi gol terindah sepanjang 2012.

Gol Stoch ini berhasil mengalahkan gol solo run yang dicetak striker Santos Brasil Neymar ke gawang Internacional pada laga lanjutan Liga Brasil. Ia juga berhasil mengalahkan gol bomber Atletico Madrid Radamel Falcao. Falcao mencetak gol tersebut saat membela Atletico Madrid melawan klub America de Cali pada 19 Mei 2012. Gol salto yang dicetak Falcao ternyata masih kalah suara dibandingkan dengan gol Stoch.

Gol salto spektakuler Zlatan Ibrahimovich pada laga persahabatan Swedia melawan Inggris ternyata tak masuk nominasi. Demikian pula gol salto bek AC Milan Philippe Mexès ke gawang Anderlecht pada ajang Liga Champions. Selain itu, gol Demba Ba ke gawang Chelsea saat ia masih membela Newcastle United juga tak masuk nominasi. Ketiganya gagal masuk nominasi karena waktu pendaftaran telah ditutup.

FIFA Puskas Award diambil dari nama seorang pemain legendaris asal Hungaria era 1950-1960an. FIFA Puskas Award mulai resmi diberikan sejak 2009. Cristiano Ronaldo, Hamit Altintop, dan Neymar tercatat sebagai pemain yang pernah meraih gelar tersebut sebelum Stoch. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement