Jumat 15 May 2020 20:08 WIB

Baitul Maal Muhammadiyah Solo Kirim Ratusan Paket Bantuan

Ratusan paket bantuan disalurkan Muhammadiyah Solo.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Baitul Maal Muhammadiyah Solo Kirim Ratusan Paket Bantuan. Foto:  Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Baitul Maal Muhammadiyah Solo Kirim Ratusan Paket Bantuan. Foto: Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --- Baitul Maal Muhammadiyah Kota Barat Solo bekerjasama dengan Perguruan Muhammadiyah Kota Barat Solo menyalurkan ratusan paket sembako bagi masyarakat dhuafa terdampak pandemi covid-19. Ada sebanyak 316 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat dhuafa, selain itu juga sebanyak 65 paket sembako untuk guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah di lingkungan Muhammadiyah Cabang Kota Barat Solo.  

Humas Baitul Maal Muhammadiyah Kota Barat Solo, Muhamad Arifin mengatakan paket sembako yang disalurkan merupakan tahap dua setelah sebelumnya disalurkan tahap satu sejumlah 250 paket sembako. 

Baca Juga

Menurutnya pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat sehingga Baitul Maal Muhammadiyah Kota Barat yang berpusat di Masjid Kota Barat Solo bergerak mengumpulkan donasi dan berbagi paket sembako untuk dhuafa. Harapannya masjid bisa menjadi pusat gerakan untuk memberikan manfaat kepada warga sekitar.

Setiap paket sembako seharga seratus ribu rupiah berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 0,5 kg, mie kering 4 bungkus, bihun 0,5 kg, kecap satu bungkus, dan ikan layur 3,5 ons.

"Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat dengan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat. Pada tahap dua ini kami membagikan 315 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19 di sejumlah titik di area Kota Barat, Joho-Manahan, Kalitan, Mangkubumen, Sumber, dan Banyuanyar " kata Arifin seperti rilis yang diterima Republika,co.id pada Jumat (15/5).

Ia menambahkan bahwa sumber pembiayaan kegiatan tersebut berasal dari donasi warga masyarakat, wali siswa dari KB-TK Aisiyah, SD, SMP, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat, dan guru serta karyawan Perguruan Muhammadiyah Kota Barat.

Data masyarakat penerima bantuan diperoleh dari pengurus RT dan RW setempat. Supaya tetap sesuai dengan protokol kesehatan, penyaluran paket sembako dipusatkan di rumah RT atau RW dan kemudian akan diantar ke rumah warga masing-masing untuk menghindari kerumunan. 

Tak hanya itu sebagai bentuk kepedulian terhadap guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah di lingkungan Muhammadiyah Cabang Kota Barat, sebanyak 65 paket sembako rencananya akan disalurkan kepada guru TK Aisyiyah Sumber I, TK Aisyiyah Sumber II, TK Aisyiyah Sumber III, TK Aisyiyah Mangkubumen, SD Muhammadiyah 15 Sumber, dan SD Muhammadiyah Plus 20 Sidorejo Mangkubumen.. Selain itu juga akan dibagikan bantuan tunai sejumlah tiga ratus ribu rupiah kepada 53 guru dan karyawan yang berstatus guru atau karyawan tidak tetap dan belum menerima tunjangan sertifikasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement