Jumat 15 May 2020 16:46 WIB

52 dari 65 Pasien RSD Pulau Galang Berhasil Sembuh

RSD Pulau Galang masih melakukan perawatan terhadap 13 orang pasien.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang, Kepulauan Riau, sejak mulai beroperasi hingga hari ini telah merawat sebanyak 65 orang pasien. Dari jumlah tersebut, 52 orang di antaranya telah berhasil sembuh dan pulang ke kediaman masing-masing.

"Terhitung mulai tanggal 12 April 2020, terdaftar sebanyak 65 orang yang dirawat di RSD Pulai Galang, 52 orang di antaranya sembuh dan pulang," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksamana Yudo Margono, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (15/5).

Hari ini, pada pukul 08.00 WIB tercatat RSD Pulau Galang masih melakukan perawatan terhadap 13 orang pasien. Jumlah tersebut terdiri dari empat orang berstatus positif Covid-19, tujuh orang pasien berstatus pasien dalam pemantauan (PDP), dan dua orang pasien dengan status orang dalam pemantauan (ODP).

Dalam melakukan perawatan tersebut, RSD Pulau Galang diperkuat 423 personel Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) yang terdiri atas satgas pendamping, satgas pengaman, dan satgas pendukung.

"Satgas pendamping yang bertugas terkait dengan pelaksanaan perawatan terdiri dari TNI AD 43 orang, TNI AL 10 orang, TNI AU 18 orang, Polri dua orang, Kemenkes 25 orang, dan sukarelawan 49 orang," kata Yudo.

Jumlah berbeda ada di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Rekapitulasi pasien di RSD Wisma Atlet sejak 23 Maret 2020 hingga hari ini ada 2.999 orang yang terdaftar. Dari jumlah tersebut ada 1.219 orang yang sembuh dan pulang, 98 orang dirujuk ke rumah sakit lain, dan tiga orang meninggal dunia.

RSD Wisma Atlet hari ini merawat sebanyak 854 orang pasien. Dari jumlah tersebut, 741 orang di antanya merupakan pasien berstatus positif Covid-19. "Pasien rawat inap hari ini hingga pukul 08.00 WIB ada 854 orang yang terdiri dari 539 pria dan 315 wanita," ujar Yudo.

Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut, 741 orang di antaranya merupakan pasien berstatus positif Covid-19. Sisanya, yakni pasien berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) ada 65 orang dan pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 48 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement