Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Es Teh Istimewa untuk Lebaran

Ahad 24 May 2020 06:55 WIB

Red: Indira Rezkisari

Minuman es teh.

Minuman es teh.

Foto: PxHere
Paduan teh dan air kelapa serta jeruk nipis bisa jadi ide minuman istimewa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya karena menghabiskan Lebaran di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa menghidangkan minuman istimewa bagi keluarga. Salah satu minuman kegemaran keluarga Indonesia adalah es teh.

Ada banyak cara membuat es teh. Dikutip dari laman A Sweet Pea Chef, es teh bisa diracik dengan metode cold brew tea, dengan teh tubruk, atau sebatas menuang air panas ke gelas berisi kantung teh.

Pada dasarnya tidak ada cara yang salah dalam meracik teh. Semua bergantung pada kesukaan Anda.

Minuman es teh bisa dibuat sejak sehari sebelumnya. Simpan di lemari es dan tuang ke gelas saat ingin diminum. Tapi ingat jangan simpan teh dengan kantungnya terlalu lama, rasa teh bisa berubah terlalu pekat dan akhirnya menjadi pahit.

Agar teh memiliki rasa, tambahan potongan buah bisa ditambahkan. Misalnya leci kalengan, lemon, buah persik, atau apel. Bila menyukai tambahan daun rempah seperti basil dan mint pastikan tidak merendam daun-daun ini terlalu lama dalam air teh. Daun yang terlalu direndam dalam air bisa cepat busuk.

Ada beberapa resep teh istimewa yang bisa dicoba. Misalnya menggunakan air kelapa yang ditambah perasan jeruk nipis ke es teh.

Untuk tiga gelas air kelapa bisa mengngunakan dua kantung teh hitam. Panaskan dulu air kelapa lalu matikan api. Cemplungkan kantung teh. Angkat dan tambahkan irisan jeruk nipis serta madu jika suka.

Atau bisa mencoba es teh rasa blackberry dan mint. Rebus tiga gelas air dan tambahkan dua kantung teh hijau. Setelah teh meresap angkat. Jika sudah dingin tambahkan blackberry dan daun mint lalu masukkan kulkas.

Mudah dan berbeda, cocok untuk minuman istimewa di Hari Raya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA