Ahad 24 May 2020 06:44 WIB

Rudi Choirudin Bagi Tip Padu Padan Sambal dengan Hidangan

Tidak semua sambal cocok disajikan dengan hidangan tertentu.

Tiap jenis hidangan memiliki sambal yang cocok. Sambal untuk teman makan bebek goreng akan berbeda dengan sambal untuk hidangan berkuah.
Foto: Flickr
Tiap jenis hidangan memiliki sambal yang cocok. Sambal untuk teman makan bebek goreng akan berbeda dengan sambal untuk hidangan berkuah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda kalau tiap makanan sebenarnya memiliki sambal pendampingnya sendiri. Sambal yang sesuai dengan lauk akan menambah cita rasa hidangan menjadi lebih nikmat.

Chef Rudi Choirudin membagi tip memilih sambal yang sesuai dengan lauk yang tersedia. Untuk sup buntut, misalnya, chef Rudi Choirudin menilai sambal bawang putih adalah perpaduan yang paling tepat. Rasa bawang putih yang menggigit dan bertemu dengan asin sup buntut, asam dari perasan jeruk nipis atau tomat, akan menghasilkan kombinasi cita rasa sup buntut yang legit.

Baca Juga

Menambahkan sambal juga ada triknya tersendiri. ''Untuk sup buntut, sambal tidak boleh dicampur di kuah,'' jelas dia.

Bagi Rudi, menyantap sup buntut yang benar dilakukan dengan cara meletakkan daging buntut di sendok, lalu menambahkan potongan sayur seperti wortel atau tomat, menyendok nasi, terakhir baru menambahkan sambal bawang putih.

 

Tapi, sambal bawang putih kurang pas bila menjadi rekan santapan bagi sup lain, seperti sup daging atau sup ayam. Rudi menyarankan meracik sambal tomat yang ringan dengan sedikit terasi saja.

Sedangkan untuk semur, sambal korek menjadi pilihannya. Sambal korek, kata Rudi, dibuat dari cabai, terasi, garam, serta bawang merah yang digoreng.

Untuk makanan yang beraroma kuat seperti bebek, Rudi paling suka membuat sambal kunyit. ''Bau kunyit sanggup menghilangkan aroma amis dari bebek,'' jelas dia.

Makanan berkuah ringan juga enak jika dimakan dengan sambal dari cabai rawit. Gunakan cabai rawit merah untuk makanan berkuah dengan rasa yang sudah komplit.

Contohnya adalah coto atau soto. Coba pula cabai rawit hijau yang diulek dengan bawang merah dan kemiri. Jangan membubuhkan terlalu banyak garam pada sambal, karena rasa asin harusnya terletak di kuah soto, bukan pada sambal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement