Kamis 14 May 2020 19:29 WIB

Baznas Ajak Keluarga Mampu Bantu Keluarga Miskin Terdampak

Pandemi Covid-19 saat ini telah meningkatkan angka kemiskinan di Indonesia.

Rep: Febryan. A/ Red: Gita Amanda
Baznas ajak satu keluarga mampu membantu satu keluarga tak mampu.
Foto: dok. Baznas
Baznas ajak satu keluarga mampu membantu satu keluarga tak mampu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak masyarakat mampu untuk membantu keluarga tak mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Terutama keluarga tak mampu yang ada di lingkungan terdekat.

"Dan menyeru keluarga mampu agar dapat membiayai biaya hidup satu keluarga tidak mampu di sekitarnya," kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Rabu (13/5).

Baca Juga

Bambang menjelaskan, pandemi Covid-19 saat ini telah meningkatkan angka kemiskinan di Indonesia. Namun, pihaknya melihat masih ada masyarakat kelas atas dan menengah yang dalam keadaan ekonomi cukup baik. Kelompok inilah yang diharapkan memberikan bantuan kepada keluarga di sekitarnya.

Bambang meyakini, dengan cara gotong royong seperti itu lah pandemi Covid-19 akan lebih mudah diatasi. Ia juga meminta masyarakat menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya lewat Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Sejak wabah Covid-19 melanda, Baznas sudah melaksanakan sejumlah program bantuan. Bantuan berupa uang tunai diberikan Baznas kepada mereka yang kehilangan pekerjaan.

Bantuan berupa logistik diberikan kepada masyarakat lewat tim layanan aktif Baznas. Penerimanya adalah keluarga tak mampu dan para mustahik.

Bambang mengatakan, pihaknya juga turut mendorong UKM agar tetap bertahan. Caranya dengan memperkuat jaringan antar UKM dan mendorong mereka melakukan penjualan secara daring.

Bantuan lainnya dari Baznas, imbuh dia, adalah menambah penerima bantuan micro finance dan tetap memberikan beasiswa meski dalam masa krisis seperti sekarang. Ditambah dengan program dakwah spiritual kepada masyarakat karena pandemi ini turut berdampak pada kesehatan mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement