Kamis 14 May 2020 18:57 WIB

Lotus Kembangkan Teknologi Mobil Listrik untuk Powerbank

Vehicle to Gird adalah inovasi yang membuat mobil listrik bisa jadi powerbank.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Lotus Evija.
Foto: car and driver
Lotus Evija.

REPUBLIKA.CO.ID, HETHEL -- Lotus merupakan salah satu pabrikan Inggris yang berkomitmen untuk turut mendukung penerapan mobil bertenaga listrik. Pabrikan itu pun tengah mengembangkan teknologi yang membuat mobil listrik menjadi lebih memiliki nilai tambah.

Dilansir dari Car Advice pada Kamis (14/5), teknologi yang tengah dikembangkan oleh Lotus itu disebut dengan teknologi vehicle to grid. Teknologi ini merupakan sebuah inovasi yang membuat mobil listrik sekaligus dapat berfungsi sebagai powerbank.

Baca Juga

Artinya, dalam kondisi tertentu, baterai berkapasitas besar yang tertanam pada mobil dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk keperluan rumah tangga atau keperluan tertentu. Teknologi ini  dikembangkan sebagai langkah antisipasi jika suatu waktu terjadi pemadaman listrik di suatu wilayah.

Lotus menilai teknologi vehicle to grid ini mampu memberikan nilai tambah yang signifikan bagi electric vehicle (EV). Bahkan, teknologi vehicle to grid ini juga memungkinkan pengendara EV mendapat tambahan penghasilan dengan menjual sumber daya yang tersimpan dalam baterai mobil miliknya.

Langkah Lotus ini juga sejalan dengan rencana Pemerintah Inggris untuk mendongkrak penggunaan EV. Pengembangan teknologi vehicle to grid ini dikembangkan oleh Lotus lewat kerja sama dengan perusahaan energi bernama Centrica.

Sebelumnya, teknologi yang menyerupai vehicle to grid juga telah diperkenalkan oleh Nissan. Teknologi itu diterapkan dengan pemasangan alat atau sistem kontrol daya dalam Nissan LEAF. Melalui fitur ini, kendaraan dapat memasok listrik untuk peralatan rumah tangga dengan memanfaatkan kapasitas penyimpanan daya dari Nissan LEAF.

Nissan menyebut fitur ini akan sangat bermanfaat, terutama dalam kondisi darurat. Pasalnya, jika terjadi bencana, Nissan LEAF juga dapat memasok listrik di tempat penampungan pengungsi.

Sederhananya, teknologi yang dikembangkan oleh Nissan dan Lotus ini memang menyerupai powerbank yang saat ini sudah akrab digunakan oleh masyarakat. Artinya, EV dengan teknologi ini akan memiliki dua soket yang berfungsi sebagi saluran input maupun output daya baterai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement