Kamis 14 May 2020 14:51 WIB

Cristiano Ronaldo Ternyata Kagumi Perjalanan Karier Messi

Ronaldo dan Messi bergantian menjadi pemain terbaik dunia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA/Alejandro Garcia.
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Rivalitas di kelas tertinggi. Itulah kondisi yang menggambarkan persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lebih dari satu dekade terakhir, keduanya menjulang di ranah sepak bola. Ronaldo dan Messi bergantian menjadi pemain terbaik dunia.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan, Ronaldo mengaku menikmati persaingan ini. Ada kompetisi yang sehat. Ia juga memberikan apresiasi pada perjalanan karier Messi.

"Saya benar-benar mengagumi kariernya sejauh ini. Dia mengatakan dia kesulitan ketika saya meninggalkan Spanyol. Itu menunjukkan bagaimana dirinya juga menghargai persaingain ini," kata CR7, julukan Ronaldo, kepada RMC Sport, dikutip dari Sportsmole, Kamis (14/5).

Suasana kompetitif antara dua nama secara langsung pada waktu bersamaan jarang terjadi dalam sepak bola. Ronaldo menilai kondisi tersebut sangat positif selama masih dalam koridor nilai-nilai sportivitas.

Keadaan tersebut bukan hal baru jika dilihat dari konteks olahraga secara umum. "Michel Jordan memiliki rival di bola basket. Begitu pun dengan persaingan antara Ayrton Senna dan Alain Prost di F1," kata Ronaldo.

Selama sembilan musim, Ronaldo dan Messi saling berhadapan di La Liga Spanyol. Keduanya bersaing ketat secara individu maupun tim. Ronaldo saat itu membela Real Madrid, sementara Messi senantiasa menjadi milik Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement