Kamis 14 May 2020 13:05 WIB

Kevin Durant Kecewa NBA Putus Kontrak dengan Spalding

Spalding dan NBA sudah bekerjasama selam 40 tahun ke belakang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kevin Durant
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Kevin Durant

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Forward Brooklyn Nets, Kevin Durrant, mengungkapkan kekecewaannya terkait keputusan National Basketball Association (NBA) untuk mengakhiri kerjasama dengan Spalding sebagai penyedia bola resmi kompetisi NBA.

Rencananya, terhitung pada musim 2021/2022, NBA akan berkerjasama dengan Wilson sebagai penyedia bola resmi kompetisi. Peraih dua gelar juara NBA bersama Golden State Warriors dlam dua musim terakhir NBA itu mengomentari unggahan salah satu jurnalis olahraga asal Amerika Serikat, Chris Hayne, di akun instagram miliknya. 

Dalam unggahannya tersebut, Hayne mengungkapkan kontrak NBA bersama Spalding akan segera berakhir. Selain itu, Wilson juga akan menjadi rekanan baru NBA dalam menyediakan bola untuk kompetisi. Namun, unggahan Hayne ini ditanggapi dengan ekpresi kekecewaan oleh Durant. ''Oh tidak,'' tulis Durant di kolom komentar instagram Hayne, seperti dikutip International Business Time, Kamis (14/5).  

Kabarnya, baik Spalding dan NBA sepakat untuk mengakhiri kerjasama pada musim ini. Keputusan itu sekaligus mengakhiri kerjasama yang sudah terentang dalam 40 tahun terakhir antara NBA dan Spalding.

Pengumuman berakhirnya kerjasama Spalding dengan NBA itu pun akhirnya terkonfirmasi lewat unggahan perusahaan penyedia peralatan olahraga asal Kentucky, Amerika Serikat, di akun twitter resmi mereka.

''Hari ini telah diumumkan kerjasama antara Spalding dan NBA berakhir seiring dengan berakhirnya musim kompetisi 2020/2021. Spalding ikut membantu mengembangkan bola basket pertama pada 1894, hampir seabad sebelum kami memulai kerjasama bersejarah dengan NBA. Kami bangga telah bekerjasama dalam 40 tahun terakhir,'' tulis keterangan resmi Spalding di akun twitternya.

Nantinya, Wilson akan menjadi sponsor baru NBA untuk menyediakan bola resmi kompetsi pada musim 2021/2022, yang juga menandai 75 tahun kompetisi NBA.

Tidak hanya di NBA, Wilson juga bakal memasok bola untuk kompetisi bola basket lainnnya, yang berada di bawah payung NBA, seperti WNBA, NBA G League, NBA 2K League, dan Basketball Africa League (BAL).

Ini bukan pertama kalinya perusahaan apparel olahraga asal Chicago, Amerika Serikat, menjadi sponsor utama bola resmi NBA. Bahkan, sebelum Spalding, Wilson merupakan pemasok resmi bola untuk kopmetisi NBA. Sayangnya, kerjasama antara NBA dan Wilson itu akhirnya selesai pada 1983.

Kendati berganti sponsor utama, tapi kabarnya NBA akan memastikan semua spesifikasi dan bahan pembuat bola resmi kompetisi sesuai dengan standar-standar yang sudah berlaku. Bahkan, NBA dan Asosiasi Pemain NBA (NBPA) akan membentuk dewan penasehat yang bertugas untuk memberikan saran dan masukan kepada Wilson dalam memproduksi bola yang khusus digunakan untuk kompetisi NBA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement