Kamis 14 May 2020 12:03 WIB

Howard Webb Yakin VAR akan Jawab Keraguan Semua Orang

Webb merupakan wasit final Piala Dunia 2010.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Howard Webb
Foto: EPA/Peter Kneffel
Howard Webb

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mantan wasit Liga Primer Inggris, Howard Webb percaya Video Assistant Referee (VAR) merupakan sistem yang bagus dan dapat menjawab keraguan semua orang.  Asosiasi Peraturan Sepak Bola Internasional (IFAB) pekan lalu berencana menunda penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola untuk mendukung kembalinya kompetisi di lapangan hijau setelah pandemi berakhir. 

Namun, Webb yang merupakan wasit final Piala Dunia 2010 menegaskan, mendukung VAR untuk tetap digunakan sebagai bagian dari teknologi. Webb saat ini menjabat sebagai General Manager Organisasi Wasit Liga Amerika Serikat (MLS), yang sudah menggunakan VAR sejak Agustus 2017 di sana. 

"Kami tidak melihat hal ini sebagai sesuatu yang besar. Kami menyukai (VAR) di sini, para wasit menikmatinya, saya juga. Karena (VAR) dapat digunakan saat dibutuhkan," katanya seperti dilansir Sky Sports, Kamis (14/5). 

"Kami ingin meyakinkan sesuatu yang tidak pasti dalam pertandingan. Ini dapat membantu ketika situasi sulit dan pertandingan berjalan cepat," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada keraguan bahwa (VAR) semakin baik jika terus digunakan. Ini terus semakin baik sejak Webb dan rekan seprofesi menggunakannya tiga tahun lalu.  "Saya pikir kalian menyaksikannya di semua kompetisi di dunia," kata dia. 

Di satu sisi, MLS musim 2020 masih ditunda setelah hanya menjalankan dua pertandingan beberapa waktu lalu akibat pandemi virus corona. Webb memastikan, para wasit MLS siap jika sewaktu-waktu kompetisi kembali bergulir. "Saat ini, wasit dalam posisi siap dalam keadaan yang ada. Kami tetap bekerja dari rumah sebelum musim kompetisi berjalan lagi," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement