Kamis 14 May 2020 04:59 WIB

Khutbah Umar bin Abdul Aziz di Depan Rakyat (4)

Umar bin Abdul Aziz tercatat pernah memberikan khutbah untuk rakyat.

Khutbah Umar bin Abdul Aziz di Depan Rakyat. Foto ilustrasi: Umar bin Abdul Aziz
Foto: Mgrol120
Khutbah Umar bin Abdul Aziz di Depan Rakyat. Foto ilustrasi: Umar bin Abdul Aziz

REPUBLIKA.CO.ID, BASRAH -- Umar bin Abdul Aziz merupakan salah seorang yang pernah memimpin Dinasti Umayyah. Beliau  menjadi penguasa pada 717 M-720 M.

Meski kepemimpinannya sebentar, namun Umar terkenal sebagai pemimpin yang sangat bertakwa. Dan, Umar membuat masyarakat yang hidup di bawah naungan Dinasti Umayyah sejahtera.

Baca Juga

Semasa hidupnya, Umar pernah memberikan khutbah-khutbah berisi peringatan kepada rakyatnya. Berikut ini beberapa khutbah singkatnya yang tercatat dalam sejarah.

 

"Hai manusia, kembalilah ke negeri kalian. Sesungguhnya, aku lupakan kalian di sampingku dan aku ingatkan kalian dengan negeri kalian. Ingat, aku tidak memakai orang-orang yang terbaik dari kalian. Ingat, barang siapa dizalimi pemimpinnya dengan satu kezaliman, tidak ada izin baginya masuk ke tempatku, sedangkan yang tidak terzalimi, aku tidak ingin melihat. Ingat, aku mencegah diriku dan keluargaku pada harta ini. Jika aku kikir dengan harta ini pada kalian, sejatinya aku benar-benar kikir. Demi Allah, jikalau tidak karena aku ingin menghidupkan sunnah dan menjalankan kebenaran, aku tidak suka hidup dalam keadaan segar bugar."

sumber : Abdullah bin Abdul Hakam / Biografi Umar bin Abdul Aziz
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement