Rabu 13 May 2020 20:04 WIB

Tiga Tim Dikaitkan Dengan Vettel Untuk Musim 2021

Renault atau McLaren bisa menjadi alternatif potensial bagi Vettel

Rep: Fitrianto/ Red: Muhammad Akbar
Sebastian Vettel
Foto: EPA-EFE/Valdrin Xhemaj
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Tiga Tim Formula Satu dikaitkan dengan Sebastian Vettel untuk musim balap 2021 mendatang. Di sisi lain satu-satunya pembalap asal Jerman saat ini tengah spekulasi dia akan pensiun. Belum jelas dengan tim Ferrari rumor sudah menyatakan Renault atau McLaren bisa menjadi alternatif potensial bagi juara dunia empat kali lipat.

"Bagi saya, cukup jelas bahwa jika Vettel melanjutkannya harus dengan Mercedes," kata mantan pembalap F1, Pedro de la Rosa, dilansir dari laman Sportsmole, Rabu (13/5).

Menariknya, segera setelah berita Vettel dibuat resmi, bos tim Mercedes Toto Wolff menggambarkan Jerman sebagai "aset bagi tim Formula 1". "Ketika melihat ke masa depan, loyalitas pertama kami terletak pada pengemudi Mercedes saat ini, tetapi tentu saja kami harus mempertimbangkan pengembangan ini," tambah Wolff.

Pengamat Marc Surer mengatakan,"Dari sudut pandang pemasaran, itu akan menjadi hal terbaik yang bisa terjadi. Jika saya Mercedes, saya akan mengatakan 'buat dia tawaran segera'."

Tetapi teman Vettel, Bernie Ecclestone, mengisyaratkan bahwa kepindahan ke Renault atau McLaren sebenarnya mungkin dilakukan untuk Vettel. "Jujur, saya akan - dan saya tidak tahu apakah dia akan - pergi ke tim yang bukan tim super-top, dan mencoba untuk bekerja dengan orang-orang untuk membangun tim itu," mantan supremo F1 itu mengatakan kepada surat kabar Bild.

"Saya hanya tidak melihat banyak alasan mengapa dia harus pergi ke Mercedes. Dia akan menjadi kemenangan mutlak bagi tim yang sedang dibangun dan itu juga akan baik baginya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali baru, seperti ketika ia mulai dengan Red Bull," tambah Ecclestone.

Yang lain berpikir pensiun lebih mungkin. "Dia telah menjalani kehidupan normal sehari-hari di rumah karena krisis korona dan bahwa mungkin dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga," kata mantan pengemudi Christian Danner kepada RTL.

"McLaren atau Renault tidak akan menjadi langkah maju baginya. Dia tidak akan menjadi juara dunia lagi untuk saat ini - tentu saja tidak dalam satu atau dua tahun ke depan. Dan dalam dua tahun saya tidak tahu apakah dia ingin mempertahankan." tambahnya.

Tim lama Vettel, Red Bull, telah berulang kali mengesampingkan reuni dengan juara empat kali. "Sebastian sekarang ingin memikirkan kembali semuanya dengan tenang," kata Dr Helmut Marko kepada Auto Bild.

 "Dia akan kembali ke balap hanya jika dia menerima tawaran yang menarik dari sudut pandang olahraga. Sayangnya, kami di Red Bull tidak siap untuk melakukan ini." Ujarnya

"Kami sudah memiliki calon juara dunia di Max Verstappen. Dan ada driver muda kami, Alex Albon, yang mengalami kemajuan dan menjadi lebih baik," tambah Marko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement