Rabu 13 May 2020 18:51 WIB

Tips Dapatkan Foto Kece dengan Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra mengandalkan terobosan fitur-fitur kamera super-canggih.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Samsung Galaxy S20 Ultra
Foto: samsung
Samsung Galaxy S20 Ultra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samsung Galaxy S20 Series (S20, S20+, 20 Ultra) telah diluncurkan secara resmi di Indonesia pada awal Maret lalu. Smartphone flagship terbaru keluaran Samsung ini mengandalkan terobosan fitur-fitur kamera super-canggih yang dapat mengubah cara penggunanya untuk mengabadikan momen

Fotografer dari Axioo, Ivan Mario merasa kecanggihan fitur kamera Samsung Galaxy S20 Ultra sangat melengkapi kebutuhan dirinya sebagai profesional. Dengan ponsel Galaxy S20 Ultra miliknya, Ivan berbagi tips tentang bagaimana ia mengabadikan momen-momen berharganya.

Baca Juga

Pertama, manfaatkan video resolusi tinggi. Menurut Ivan Mario, fitur resolusi 8K yang ada di ponsel Galaxy S20 Ultra  ini juga sangat berguna bagi seorang fotografer. Terutama bagi mereka yang sedang mendokumentasikan kehidupan di dalam sebuah frame gambar. Resolusi 8K membuat video yang diambil Ivan menjadi lebih tajam.

Kedua, tangkap detail terkecil.  Kamera yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi sebesar 108MP. Bagi fotografer dan pecinta foto, keuntungan memiiki kamera ponsel beresolusi tinggi adalah kualitas foto yang dihasilkan sangat tajam dan detail.

Selain menghasilkan detail dan warna yang berkualitas, kamera beresolusi 108MP juga memudahkan Ivan ketika mencetak hasil foto tersebut. Hasil foto tetap tajam bahkan dalam kanvas berukuran satu meter sekalipun.

Ketiga, ambil banyak momen, hanya dalam sekali jepretan. Untuk seorang pecinta foto kadang dihadapkan pada pilihan sulit dalam memilih mode pengambilan gambar yang tepat di sebuah momen berharga. Karena terkadang sebuah momen tidak bisa diabadikan hanya dalam sebuah foto atau sebuah video  dan sering kali menyesal tidak memilih keduanya.

Dengan fitur Single Take, pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk memilih mode jepretan, pengguna dapat menghasilkan hingga 10 foto dan empat video dengan gaya yang berbeda-beda.

“Kamu bisa coba bergerak ke beberapa angle pada saat mengambil Single Take, untuk menghasilkan foto dan video yang lebih beragam, dan semakin sering kamu menggunakan Single Take, Ainya akan semakin pintar dan menghasilkan momen yang lebih beragam lagi,” ujar Ivan melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id pada Selasa (12/5).

Keempat , berekspresi dalam gerakan lebih jauh lagi. Salah satu tantangan dalam menggunakan ponsel pintar sebagai perangkat fotografi adalah tanpa adanya perangkat tambahan, seperti stabilizer atau gimbal. Video yang dihasilkan sering kali terlalu terguncang, terutama ketika mengambilnya sambal bergerak.

Dengan fiitur Super Steady 2.0 yang dimiliki oleh Galaxy S20 series, Ivan tidak perlu membawa perangkat tambahan untuk dapat mengambil momen-momen berharga. Dengan mengombinasikan teknologi AI Motion Analysis dan Improved Anti-rolling Stabilizer, fitur Super Steady 2.0 dapat menghasilkan gambar yang super stabil, bahkan ketika diambil sambil berlari.

“Untuk mendapatkan hasil video yang maksimal dan minim guncangan, sebelum melakukan pengambilan video, ada baiknya jika Kita menentukan terlebih dulu pergerakan-pergerakan yang akan dilakukan untuk menghasilkan video dengan gerakan yang lebih stabil dan terarah,” ujar Ivan.

Kelima, foto low light dramatis lebih mudah. Seorang fotografer harus secara manual mengatur ulang ISO kamera DSLR bahkan mengganti lensa untuk foto di malam hari , dan juga menggunakan perangkat flash untuk memanipulasi cahaya.

Kamera yang dimiliki Galaxy S20 Ultra dapat menyerap lebih banyak cahaya, jadi tidak perlu terlalu banyak pengaturan.  Cukup menyalakan fitur Bright Night mode dan dapatkan hasil foto yang bagus di malam hari. Apabila pengguna memiliki kebutuhan yang lebih spesifik, gunakan fitur Pro Mode untuk mengatur ISO dan shutter speed untuk hasil yang sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement