Rabu 13 May 2020 16:24 WIB

Bamsoet: Pemerintah Tingkatkan Kapasitas Pengujian Covid-19

Bamsoet minta pemerintah meningkatkan SDM di setiap laboratorium pemeriksaan Corona.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah meningkatkan kapasitas pengujian sampel dalam penanganan Covid-19 secara masif dan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat. "Kalau itu dilakukan maka diharapkan pada Juni 2020, Indonesia dapat menurunkan kasus COVID-19 dan pada bulan Juli sudah bisa mulai mengawali hidup atau aktivitas normal kembali," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (13/5).

Hal itu dikatakannya berdasarkan laporan yang diterima Presiden bahwa kemampuan pengujian spesimen untuk alat tes PCR saat ini baru mencapai 4.000-5.000 sampel per harinya dari target 10.000 spesimen per-harinya. Bamsoet meminta pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk memastikan seluruh laboratorium COVID-19 dapat berfungsi maksimal, agar kasus konfirmasi pasien positif dapat cepat diketahui dan ditangani.

Baca Juga

"Hal itu mengingat data hasil laboratorium merupakan salah satu faktor penting dalam menyusun informasi terkait perkembangan penanganan COVID-19," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu meminta pemerintah melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di setiap laboratorium pemeriksaan Covid-19. Pemerintah dapat merekrut personel baru sesuai latar belakang pendidikan dan bekerja sama dengan TNI-Polri yang memiliki kualifikasi di bidang keperawatan dan kemampuan di bidang laboratorium.

Langkah itu menurut dia diharapkan mampu menambah jam kerja masing-masing laboratorium dan target pemerintah untuk merampungkan pemeriksaan terhadap 280 ribu ODP dan PDP bisa tercapai. Dia juga meminta pemerintah terus berupaya keras dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan meningkatkan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun serta tetap menjaga kondisi kebersihan lingkungan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement