Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek dari BRI

Rabu 13 May 2020 15:25 WIB

Rep: Andi Hana (swa.co.id)/ Red: Andi Hana (swa.co.id)

Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek dari BRI

Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek dari BRI

Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek dari BRI

Bank BRI dan Gojek memberikan fasilitas pinjaman bunga ringan bagi mitra GoRide, GoCar dan merchant GoFood. Mitra Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari BRI bisa mendapatkan fasilitas pinjaman mulai dari 5 juta – 20 juta rupiah.

Direktur Konsumer BRI, Handayani, mengatakan, fasilitas pinjaman bunga ringan  ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Gojek.

“Penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Gojek. Salah satu persyaratan minimum yang harus dipenuhi yaitu pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Gojek,” tambah Handayani.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra Gojek, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka di masa sulit ini.

“Gojek juga tengah berdiskusi dengan Pemerintah dan para pelaku industri lainnya mengenai perluasan upaya peringanan beban di sektor informal, termasuk penyaluran program KUR Pemerintah,” jelasnya.

Program pinjaman bunga ringan ini telah memasuki masa tahap awal, dimana pada tahap ini  Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman tersebut ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu. Secara bertahap fasilitas ini akan ditawarkan ke lebih banyak lagi mitra termasuk merchant GoFood.

Untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang ditetapkan Bank BRI, Bank akan menawarkan bantuan pinjaman sampai dengan Rp 20 juta, dengan tenor selama 24 bulan, dengan keringanan biaya pembayaran pada 3 bulan pertama. Sedangkan untuk mitra driver GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dimana mitra driver akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

“Dalam kondisi saat ini arus keuangan pelaku UMKM dan pekerja informal akan terganggu, maka dari itu selain dengan bunga yang terjangkau, selama tiga bulan pertama khusus untuk mitra GoRide dan GoCar dibebaskan untuk membayar cicilan. Selain itu, untuk memudahkan, pembayaran akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra,” ujar Handayani menutup penjelasannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA