Es Susu Kurma, Segar Bergizi untuk Buka Puasa

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Reiny Dwinanda

 Rabu 13 May 2020 14:47 WIB

Es susu kurma kreasi Kaum Jakarta. Es susu kurma termasuk mudah untuk disiapkan sebagai minuman berbuka puasa. Foto: Republika/Indira Rezkisari Es susu kurma kreasi Kaum Jakarta. Es susu kurma termasuk mudah untuk disiapkan sebagai minuman berbuka puasa.

Es susu kurma termasuk mudah disiapkan untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es susu kurma terkenal dengan kesegarannya untuk melepas dahaga setelah berpuasa. Rasa manis alami dari buah kurma berpadu dengan susu yang dingin bisa dengan cepat mengembalikan kadar gula darah.

Hanya perlu tiga bahan untuk membuat es sus kurma. Resep mendasarnya memerlukan beberapa butir kurma, susu putih, dan es batu.

Untuk membuatnya, cukup campurkan ketiga bahan ke dalam blender. Haluskan hingga daging buah kurma hancur lalu hidangkan dingin.

Mixologist restoran Kaum Jakarta, Pius Ebang, membuat kreasi lain dari es susu kurma. Ia menyebut, versinya juga sangat mudah untuk disiapkan.

"Campurannya pisang, heavy cream, susu segar, susu kental manis, dan sirup kurma," ujarnya.

Cara membuatnya juga sederhana, yakni dimulai dengan memotong satu buah pisang dan memasukkannya ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan secangkir kecil heavy cream dan susu tawar, susu kental manis putih, dan susu kental manis rasa cokelat.

Sebagai pemanis, Pius menambahkan sirup kurma.  Blender hingga semua bahan menjadi satu.

Terasa terlalu manis? Coba ganti susu kental manis dengan pasir. Sirup kurma pun sebetulnya sudah cukup manis untuk memberi rasa pada campuran minuman berbahan pisang tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X