Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Selandia Baru Kucurkan Bantuan Atasi Corona di Indonesia

Rabu 13 May 2020 14:28 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Foto: AP/Mark Baker
Selandia Baru memberi bantuan senilai Rp 46 miliar untuk atasi corona di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selandia Baru berkomitmen untuk memberikan bantuan senilai 5 juta dolar NS atau Rp 46 miliar untuk mendukung Indonesia dalam upaya memerangi pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19. Dukungan itu disalurkan melalui UNICEF Indonesia yang merupakan mitra Program Bantuan Selandia Baru.

Melalui dukungan ini diharapkan UNICEF dapat meningkatkan program-programnya terkait komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat. Selain itu UNICEF diharapkan dapat memperkuat pengadaan dan distribusi Alat Pelindung Diri (APD), perlengkapan kebersihan dan pencegahan infeksi; dan memastikan pemeliharaan pelayanan kesehatan yang esensial. 

"Pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis kesehatan publik dan kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebagai mitra bilateral yang dekat, Selandia Baru siap mendukung Indonesia dalam menghadapi krisis ini. Dukungan ini secara langsung menanggapi permintaan Pemerintah Indonesia untuk mendukung respon Covid-19 bagi mereka yang paling membutuhkan," kata Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Jonathan Austin, dalam siaran pers.

Baca Juga

Austin mengatakan, Selandia Baru memilih bermitra dengan UNICEF karena, mereka merupakan organisasi utama dalam pilar Komunikasi Resiko dan Keterlibatan Masyarakat di Rencana Penanganan Covid-19 Multi-Sektor Pemerintah Indonesia. UNICEF bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19, dan juga berbagai kementerian utama untuk mendukung upaya menyeluruh dalam merespon dan pemulihan,

Perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Debora Comini mengatakan, pihaknya memastikan bahwa seluruh stafnya dapat mencapai populasi paling terpencil di Indonesia untuk membantu mengatasi pandemi virus korona. Melalui kontribusi dari Selandia Baru, UNICEF akan mampu memberikan dukungan yang luas bagi Pemerintah Indonesia dalam strategi komunikasi risiko dan penyebaran konten melalui platform digital.

"Kami juga akan menangani langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi disrupsi pada berbagai layanan penting yang menyelamatkan jiwa seperti imunisasi," ujar Comini.

Selain itu, kontribusi UNICEF yakni meningkatkan ketersediaan tempat cuci tangan dan perlengkapan kebersihan. Termasuk produk desinfeksi rumah di daerah rentan, dan mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Pemerintah (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk mempromosikan cuci tangan.

Dampak Covid-19 adalah bergesernya kebutuhan dan prioritas dunia. Selandia Baru terus terlibat dengan Indonesia untuk memastikan kerja sama dan bantuan tetap tepat waktu, efektif dan relevan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA