Resep Biskuit Tiramisu Nggak Pakai Ribet

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

 Rabu 13 May 2020 12:33 WIB

Tiramisu termasuk hidangan pencuci mulut yang mudah untuk disiapkan. Foto: Pixabay Tiramisu termasuk hidangan pencuci mulut yang mudah untuk disiapkan.

Resep biskuit tiramisu yang satu ini cocok untuk diuji coba bahkan oleh pemula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat merasa malas untuk memasak, bahkan sekalipun hanya untuk sajian camilan atau pencuci mulut yang nikmat, masih resep yang mudah untuk dicoba. Dilansir Morocco World News, biskuit tiramisu menjadi salah satu sajian lezat yang dapat dibuat dengan mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Sajian yang juga cocok untuk dihidangkan sebagai kudapan Ramadhan ini disebut mudah bagi pemula yang bahkan mungkin tidak pernah memasak kue. Perlu diketahui, banyak orang yang merasa sulit membuat kue maupun sajian pencuci mulut lainnya karena terkadang ini seperti sebuah trik, yang jika tidak diikuti dengan tepat membuat rasanya berbeda atau tak selezat yang diharapkan.

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat biskuit tiramisu:
- Biskuit secukupnya
- Satu kotak bubuk krim kocok (whipped cream powder)
- Satu gelas susu
- Dua sendok makan kopi instan
- Satu cangkir bubuk cokelat


Cara membuat :
Langkah pertama, buat whipped cream dengan mencampurkan segelas susu dingin dengan bubuk krim kocok. Gunakan mikser listrik atau manual sampai Anda mendapatkan konsistensi atau bentuk adonan yang halus.

Pastikan peralatan dan wadah yang Anda gunakan untuk krim kocok dalam keadaan dingin. Sebaiknya, letakkan dalam freezer terlebih dahulu setidaknya selama beberapa menit. Langkah ini dikatakan sebagai kunci untuk mencapai konsistensi yang halus.

Jangan masukkan terlalu banyak susu karena ini dapat merusak konsistensi.

Langkah kedua, siapkan secangkir kopi hitam. Kemudian celupkan biskuit ke dalam kopi dalam keadaan suam-suam kuku (cukup hangat), taburkan biskuit dalam satu lapisan wadah saji.

Masukkan lapisan krim kocok di atas biskuit lalu ulangi proses untuk dua langkah. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan lapisan terakhir krim kocok dan taburi sedikit bubuk cokelat. Voila, sajian pencuci mulut yang nikmat siap dihidangkan!

Tips yang perlu diingat untuk bagian ini adalah tambahkan bubuk cokelat sesaat menjelang akan disajikan. Jika tidak, whipped cream akan membasahi area taburan bubuk cokelat yang semestinya kering.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X