Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Facebook Hapus Instagram Lite, Siapkan Versi Baru

Rabu 13 May 2020 11:50 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Instagram. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru, namun belum diketahui kapan aplikasi itu akan tersedia.

Instagram. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru, namun belum diketahui kapan aplikasi itu akan tersedia.

Foto: EPA
Instagram Lite yang sudah tidak tersedia lagi di Google Play tak hadir di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook Inc baru-baru ini menutup Instagram Lite. Aplikasi Instagram versi ringan tersebut menghilang dari Google Play sejak pertengahan April lalu.

Laman Android Police menjadi pihak yang pertama menyadari hal tersebut. Mereka mendapati bahwa Instagram Lite tidak ada di Google Play di tempat mereka beroperasi, antara lain di Filipina, Peru, Kenya, dan Meksiko.

Pengguna Instagram Lite diarahkan ke aplikasi Instagram versi penuh melalui sebuah pesan yang menyatakan "Instagram Lite tidak lagi didukung". Laman TechCrunch mengonfirmasi hal ini kepada Facebook dan perusahaan menyatakan bahwa mereka memang menarik aplikasi tersebut.

"Kami menarik aplikasi Instagram Lite. Anda bisa mulai menggunakan Instagram versi terbaru untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai," kata Facebook.

Instagram Lite hadir dengan kapasitas yang ringan, hanya sekitar 573 KB, muncul sejak 2018 lalu menargetkan negara-negara berkembang. Namun, aplikasi tersebut tidak tersedia di Indonesia.

Aplikasi tersebut hanya memiliki beberapa fungsi utama dibandingkan versi reguler, antara lain mengunggah foto, Stories, dan membuka laman Explore. Instagram Lite tidak bisa digunakan untuk mengunggah video atau memberi pesan pribadi DM.

Pengguna terbesar Instagram Lite berada di Meksiko. Menurut data Sensor Tower yang dikutip TechCrunch, aplikasi tersebut diunduh 4,4 juta kali, senilai 62 persen dari total pengguna di seluruh negara Instagram Lite berada.

Pasar kedua terbesar berada di Filipina sebanyak 14 persen, diikuti Kenya 12,5 persen dan Peru 12 persen. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru setelah mempelajari penggunaan aplikasi tersebut, namun belum diketahui kapan aplikasi tersebut akan tersedia.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA