Selasa 12 May 2020 18:22 WIB

Kopi Kenangan Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp1,6 Triliun

Kopi Kenangan menggunakan pendanaan ini untuk memperkuat operasinya di Indonesia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Edward Tirtanata, CEO & Co-Founder Kopi Kenangan (kiri), Cynthia Chaerunnisa, CMO & Co-Founder Kopi Kenangan (tengah), dan James Prananto, COO & Co-Founder Kopi Kenangan (kanan).
Foto: Republika/Desy Susilawati
Edward Tirtanata, CEO & Co-Founder Kopi Kenangan (kiri), Cynthia Chaerunnisa, CMO & Co-Founder Kopi Kenangan (tengah), dan James Prananto, COO & Co-Founder Kopi Kenangan (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ritel minuman Kopi Kenangan telah meraih pendanaan Seri B senilai 109 juta dolar AS atau setara Rp 1,6 triliun. Pendanaan tersebut berasal dari sejumlah investor yaitu Sequoia Capital, B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina, serta Alpha JWC.

Kopi Kenangan berencana menggunakan pendanaan ini untuk memperkuat operasinya di Indonesia, meluncurkan produk baru, berinvestasi dalam teknologi serta berbagai upaya untuk melindungi karyawan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengakui, kondisi akhir-akhir ini cukup menantang bagi dunia bisnis. Untuk itu, pihaknya terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

"Sebagai startup yang sedang tumbuh, kami beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan ini melalui penjualan tanpa kontak dan standar kebersihan yang kami junjung tinggi di seluruh toko kami," kata Edward, melalui siaran pers, Selasa (12/5).

 

Untuk membantu mempercepat pertumbuhan Kopi Kenangan, Eduardo Saverin, salah satu pendiri perusahaan media sosial Facebook, akan bergabung sebagai salah satu Dewan Direksi, membawa kepemimpinannya yang serba bisa dan transformasional kepada tim Kopi Kenangan.

"Saya menantikan kerja sama dengan Kopi Kenangan untuk membangun jenama  global yang merayakan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara," kata Eduardo.

Pendanaan baru ini mengikuti pendanaan Seri A Kopi Kenangan senilai 20 juta dolar AS pada Juni 2019 lalu. Pada Desember 2019, Kopi Kenangan juga mengumumkan perluasan pendanaan Seri A dengan investasi tambahan dari beberapa investor.

 

Saat ini, Kopi Kenangan mengoperasikan 324 toko di berbagai wilayah Indonesia dan menjangkau lebih dari satu juta pelanggan melalui aplikasi selulernya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement