Resep Pie Kolak Pisang, Alternatif Menu Buka Puasa

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 12 May 2020 16:16 WIB

Pie kolak pisang dapat menjadi pengganti kolak biasa sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Foto: Darmawan/Republika Pie kolak pisang dapat menjadi pengganti kolak biasa sebagai hidangan untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bosan dengan kolak yang tampilannya itu-itu saja? Untuk membuatnya berbeda dan spesial, pie kolak pisang bisa dicoba.

Pie kolak pisang termasuk hidangan yang praktis untuk dibuat. Resep kue unik ini dikreasikan ibu rumah tangga yang juga baker Dewi Utari.

Baca Juga

Dewi menjelaskan, pie kolak pisang tidak perlu dioven. Bahan kulit pie-nya terbuat dari biskuit.

Untuk membuat kulit pie, biskuit hanya perlu dihancurkan lalu dicampur dengan lelehan margarin. Setelah itu, kulit pie didinginkan di dalam freezer hingga benar-benar beku agar tidak bercampur dengan adonan custard.

"Cuma butuh waktu 15 menit untuk mendinginkannya,” ungkap pemilik online pastry shop @shopdelicakes ini.

Setelah itu, pie dan custard cukup diletakkan di dalam satu wadah untuk kemudian dibanjur dengan topping potongan pisang dan kolang-kaling. Tentunya, hidangan ini cocok disantap sebagai pengganti kolak saat berbuka puasa.

Mau mencoba membuatnya? Simak resep berikut.

Bahan:

Kulit pie:

300 gr biskuit marie, dihancurkan

150 gr margarin, lelehkan

Custard:

2 butir telur

55 gr gula palem

375 ml santan kental

150 gr gula

3 lembar daun pandan

1 sdm agar-agar bubuk

375 ml air hangat

Hiasan:

1 buah pisang, iris tipis

8 buah kolang kaling, iris tipis

Cara membuat:

1. Untuk kulit pie, aduk rata biskuit marie yang telah dihaluskan dengan lelehan margarin. Tuang campuran biskuit ke dalam loyang pie (diameter 23 cm). Padatkan pada dasar dan sisi loyang. Simpan dalam lemari es (freezer) sampai mengeras.

2. Untuk membuat custard, aduk rata telur, gula palem, santan, dan daun pandan di dalam mangkuk. Diamkan selama 15 menit.

3. Masukan agar-agar, air, dan gula di dalam panci di atas api sedang. Masak sambil terus diaduk hingga gula larut. Masukan custard, masak sebentar sambil terus diaduk.

4. Angkat daun pandan, lalu tuangkan custard ke dalam loyang yang telah berisi adonan biskuit. Simpan kembali loyang di dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit.

5. Setelah adonan mengeras, tata potongan pisang dan kolang kaling di atasnya.

6. Pie kolak pisang siap disajikan untuk 12 potong.