Selasa 12 May 2020 12:55 WIB

Ekositem Modifikasi Tanah Air Terus Dikembangkan

Pemerintah berupaya merancang RSKKNI untuk modifikator Indonesia.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi salah satu ajang modifikasi mobil
Ilustrasi salah satu ajang modifikasi mobil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sejumlah pecinta otomotif, dunia modifikasi juga merupakan sebuah bagian yang tak terpisahkan.  National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun terus melakukan beragam upaya untuk mengembangkan industri modifikasi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, Kemenperin secara simultan terus mendukung tumbuhnya industri modifikasi kendaraan di dalam negeri. Industri ini dinilai mampu meningkatkan kreativitas, inovasi, serta memacu berkembangnya usaha sektor komponen kendaraan yang digarap sumber daya lokal.

Baca Juga

“Industri modifikasi itu komunitasnya terus berkembang. Salah satu indikasinya bisa dilihat dari kegiatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 di Balai Kartini tahun kemarin pengunjungnya sangat ramai. Apalagi saat ini generasi milenial sedang tumbuh dan dibarengi dengan meningkatnya pendapatan per kapita penduduk secara nasional, maka akan mendorong kegiatan penyaluran hobi seperti modifikasi dengan sangat positif,” ucap Putu.

Oleh karena itu, bersama dengan NMAA, Kemenperin saat ini sedang mendorong industri modifikasi Indonesia agar berjaya di negeri sendiri.  Kemperin pun menginisisi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) sebagai sertifikasi untuk modifikator-modifikator Indonesia. Hal ini pun akan secara simultan diiringi dengan pemberian pelatihan RSKKNI bidang modifikasi.

"Sehingga nantinya modifikator akan dapat tambahan ilmu yang akhirnya menjadi bisa mengembangkan komponen aftermarket lokal. Pada akhirnya konsumen pun puas karena tenaga kerja modifikator kita memiliki standarisasi kerja yang sama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, AVP of Business Tokopedia, David Kartono, memaparkan komitmen Tokopedia untuk terus bertransformasi menjadi super ecosystem agar dapat meningkatkan kolaborasi dengan para mitra strategis. Ia pun menekankan bahwa Tokopedia akan terus berupaya memberikan platform belanja daring lebih luas untuk masyarakat.

"Perluasan itu meliputi para pelaku industri modifikasi otomotif yan terus menunjukan kreativitas melalui karya modifikasi dan barang aftermarket. Salah satu langkah konkretnya, Tokopedia telah resmi menjadi main sponsor IMX 2020," kata David.

Harapannya, para pelaku industri modifikasi dan aftermarket ini dapat semakin maju dan berkembang bersama Tokopedia. Di satu sisi, Tokopedia juga melihat antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan otomotif meningkat berdasarkan peningkatan nilai transaksi penjualan kategori otomotif di Tokopedia yang mencapai 22 kali lipat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement