Selasa 12 May 2020 11:56 WIB

Penggunaan APD Harus Proporsional

APD harus dihemat, disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.

Petugas medis menggunakan APD (ilustrasi).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas medis menggunakan APD (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul meminta penggunaan alat pelindung diri (APD) secara proporsional sesuai dengan kebutuhan di lapangan. "Pemakaian APD mestinya proporsional saja, bukan hanya buat tenaga kesehatan, tetapi bagi siapapun yang terlibat dalam penanganan COVID-19," katanya saat dihubungi dari Palangkaraya, Senin (12/5).

"Kalau yang hanya perlu masker cukup pakai masker, jangan pakai hazmat. Kalau sistem penggunaannya tidak proporsional, ya habis nantinya persediaan yang dimiliki," tambah dia.

Hal ini ia sampaikan agar semua pihak bisa memahami dan bersama-sama menjaga ketersediaan yang dimiliki agar bisa digunakan secara optimal. Suyuti yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng tersebut menjabarkan, APD sudah seharusnya digunakan sesuai tingkatproteksi yang dibutuhkan. Ini supaya sumber daya yang terbatas tak sia-sia atau mubazir.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Kalteng, Ayonni Rizal mengatakan, pihaknya kembali menerima bantuan APD dari pemerintah pusat yang diangkut menggunakan pesawat TNI AU. "Bantuan APD yang kami terima kali ini sebanyak 82 koli dan perkolinya ada sebanyak 50 buah APD," kata dia.

Bantuan APD itu akan didistribusikan ke masing-masing daerah sesuai alokasi yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk persediaan cadangan penyangga atau buffer stok pada Dinkes Kalteng. Buffer stok yang ada pada Dinkes Kalteng digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada daerah maupun fasilitas kesehatan yang kehabisan persediaan, sesuai ketentuan yang berlaku.

"Persediaan ini sebagai cadangan dan akan didistribusikan kepada daerah maupun faskes yang memang benar-benar memerlukan," kata Suyuti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement