Selasa 12 May 2020 11:05 WIB

Komunitas Mobil Imbau Anggotanya tak Mudik

Tahun ini, komunitas kendaraan berkomitmen untuk tidak mudik.

Larangan Mudik. Ilustrasi
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Larangan Mudik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah komunitas kendaraan roda empat berkomitmen untuk tidak mudik. Komunitas kendaraan roda empat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang tergabung dalam AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) pada tahun ini tidak menggelar mudik lebaran bersama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Umum AXIC, Taufik Hidayatulloh mengungkapkan tahun ini para anggota diimbau untuk tidak melakukan mudik guna. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona, serta mematuhi dan mendukung peraturan pemerintah.

"Kita mendukung arahan pemerintah untuk menunda mudik, supaya penyebaran wabah cepat terhenti di Indonesia," ungkap pria yang akrab disapa Opay.

Semenjak wabah virus corona melanda Indonesia, kebiasaan bertemu langsung alias "kopi darat/kopdar" di kalangan komunitas mobil juga terhenti. Mereka mengalihkannya dengan pertemuan virtual melalui aplikasi video.

Kendati demikian, kegiatan untuk membantu masyarakat yang terdampak juga tetap dijalankan guna meringankan beban para pekerja harian yang masih harus berjuang mencari nafkah di tengah pandemi.

Dia mencontohkan, pada 23 April kami bersama Toyota Astra Motor mengadakan baksos dengan membagikan 250 paket sembako dan 500 masker. Baksos diberikan kepada ojek daring, taksi daring, taksi konvensional dan lapisan masyarakat yang terkena dampak perekonomian dari wabah covid-19.

Komunitas pecinta dari Toyota Yaris yang tergabung dalam Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) mengakui hal yang sama. Mereka tidak menggelar kopdar, tidak berencana mudik dan semua pertemuan dilakukan secara virtual.

"Sekarang terus terang enggak terlalu banyak kegiatan, karena beberapa kegiatan yang direncanakan terpaksa ditunda alias batal. Terakhir kami bikin donasi, kemudian kopdar online, kuis online sama next kami mau bikin meeting halal bihalal online, sama rencana juga mau bikin kopdar game online," kata ketua umum dari TYCI, Febi Rosseva Amalinda.

Meski sebelumnya tidak pernah menggelar mudik bersama dengan sesama member, wanita yang akrab disapa Febi itu mengimbau seluruh anggota tidak mudik agar penyebaran virus corona tak meluas. "Mudik bareng enggak pernah sih ya, tapi kita ada bikin video challenge sama video ajakan untuk stay at home dan tunda mudik," jelas Febi.

Pada tahun ini, hampir semua komunitas pecinta roda dua dan juga roda empat rela tidak berbuka puasa bersama, bahkan tidak menggelar sahur bersama dengan anggota komunitas yang biasanya ramai saat Ramadhan. Hal-hal seperti itu membuat anggota komunitas merasa kehilangan momentum pada bulan Ramadhan

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement