Senin 11 May 2020 23:50 WIB

Gubernur Gorontalo Minta Satgas Pangan Awasi Distribusi Gula

Rusli Habibie minta distribusi gula diawasi karena saat ini harga eceran sangat murah

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie minta distribusi gula diawasi satgas pangan dan masyarakat
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie minta distribusi gula diawasi satgas pangan dan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta satgas pangan dan masyarakat mengawasi pendistribusian dan harga gula pasir di Provinsi Gorontalo.

”Kita harus bersyukur hari ini dapat tambahan pasokan gula pasir dari kementerian bekerja sama dengan Dinas Pangan, dengan harga eceran murah yakni hanya 12.500. Ini disebar di seluruh toko-toko tani se kabupaten/kota. Untuk itu tolong satgas pangan mengawasi. Karena gula ini disubsidi, makanya saya harap pembelinya adalah orang-orang yang tidak mampu,” katanya.

Agar pengawasan efektif, gubernur menyarankan seluruh petugas pangan dan pemiliki toko tani se kabupaten/kota untuk bekerja sama dengan dinas sosial. “Kenapa harus kita awasi? Karena saya ingin betul-betul yang diberikan kesempatan membeli itu masyarakat yang tidak mampu. Jangan sampai ada oknum yang membeli kemudian dijual dengan harga mahal, itu sangat tidak manusiawi. Padahal tujuannya ini untuk masyarakat yang kurang mampu dalam mengahadapi Bulan Suci Ramadhan, juga yang terdampak COVID-19,” jelasnya.

Para pedagang diminta untuk berkoordinasi dengan camat dan lurah, untuk mendapatkan data valid warga kurang mampu yang wajib dilanya pembeliannya. Gubernur juga menyarankan penundaan penjualan gula pasir hingga Selasa besok.

 

Alasannya untuk mencegah penjualan kepada orang-orang yang berniat memperjual belikan kembali gula dengan harga mahal.

“Dinas pangan dan dinas sosial saya minta membuatkan kupon untuk para penerima. Jadi nanti masyarakat yang datang membeli itu yang punya kupon dari lurah atau kepala desa. Dan jangan bergerombol harus ikuti protokol kesehatan. Saya ingin gula yang kita subsidi harus tepat sasaran dan tepat waktu,” tambahnya.

Saat ini gula pasir yang terdapat di gudang distributor sebanyak 30 ton, yang nantinya disalurkan dan dijual melalui 12 toko tani mitra petani yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota se Provinsi Gorontalo.

Untuk Kota Gorontalo, toko tani terletak di Kota Utara dan Kota Selatan dan untuk Kabupaten Bone Bolango terdapat di Kecamatan Tilongkabila.

Sementara itu untuk Kabupaten Gorontalo, toko tani berlokasi di Kecamatan Pulubala dan Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Boalemo di Kecamatan Wonosari dan Mananggu. Selanjutnya untuk Kabupaten Pohuwato berlokasi di Kecamatan Paguat dan Randangan, serta Kabupaten Gorontalo Utara di KecamatanTolangohula dan Sumalata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement