Senin 11 May 2020 21:44 WIB

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Baros Sukabumi

Banjir terjadi akibat sungai meluap dan drainase yang tidak berfungsi maksimal.

Banjir melanda Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat (Foto: ilustrasi banjir)
Foto: ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Banjir melanda Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat (Foto: ilustrasi banjir)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Banjir melanda Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Hujan deras sejak Ahad (10/5) mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir, termasuk tempat ibadah.

"Banjir terjadi akibat meluapnya sungai yang ada di sekitar permukiman warga, ditambah drainase yang tidak berfungsi secara maksimal akibat banyaknya sampah, sehingga menyumbat aliran," kata Lurah Baros, Budi Ruswandi, di Sukabumi, Senin (11/5).

Baca Juga

Budi mengatakan, sampai saat ini pihak kelurahan dibantu dengan relawan SIBAT kelurahan Baros dan Staf PMI Kota masih melakukan pendataan dan inventarisasi wilayah yang terdampak. Jumlah rumah yang terendam diperkirakan terus bertambah.

Budi melanjutkan, ada enam titik lokasi di Kelurahan Baros yang terendam banjir. Meskipun tidak ada korban jiwa, tapi kerugian dinilai cukup besar karena banyak barang elektronik milik warga yang terendam dan akhirnya rusak.

Sementara, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi, Zulkarnain, mengatakan, pihaknya masih mendata jumlah rumah yang terdampak banjir di Kota Sukabumi. Ada tiga kecamatan yang terkena bencana itu yakni Kecamatan Citamiang, Cibeureum dan Baros.

"Dari data sementara, tidak ada rumah ataupun fasilitas umum yang rusak berat akibat bencana banjir ini. Tapi, warga sempat panik karena debit air dengan cepat meningkat dengan ketinggian bervariasi mulai dari 40 hingga 80 cm, untuk saat ini air sudah mulai surut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement