Selasa 12 May 2020 00:50 WIB

Paul McCartney Tulis Penghormatan untuk Little Richard

Little Richard meninggal dunia karena kanker dalam usia 87 tahun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Rock n Roll Little Richard meninggal dunia dalam usia 87 tahun, Sabtu (9/5).
Foto: EPA
Penyanyi Rock n Roll Little Richard meninggal dunia dalam usia 87 tahun, Sabtu (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Paul McCartney mengatakan, dirinya mendapat banyak pelajaran dari mendiang Little Richard dalam penghormatan pada legenda rock itu. Richard yang pernah berbagi panggung dengan The Beatles di awal karier band itu, meninggal pada Sabtu (9/5) karena kanker dalam usia 87 tahun.

“Dari “Tutti Frutti” ke “Long Tall Sally” ke “Good Golly, Miss Molly” ke “Lucille”, Little Richard hadir menjerit-jerit dalam hidupku ketika masih remaja,” tulis McCartney di media sosialnya, dilansir di Variety, Ahad (10/5).

Baca Juga

Pria berusia 77 tahun itu mengatakan, dirinya berutang banyak hal pada Richard, terutama soal gayanya. Dia mengatakan, Richard tahu semua itu. Bahkan, dia yakin Richard akan berkata, “Saya mengajar Paul banyak hal.” Sementara, McCartney tak akan segan mengamini hal itu.

The Beatles muda tampil dengan Richard dalam sebuah pertunjukkan di salah satu tempat tinggal lama mereka di Star Club, Hamburg, Jerman. Tempat itu menjadi awal The Beatles benar-benar mempelajari keahliannya.

“Pada awal The Beatles, kami bermain dengan Richard di Hamburg dan mengenalnya,” tulis McCartney.

Richard mengajak The Beatles nongkrong di ruang ganti dan menyaksikan ritual sebelum pertunjukkannya, seperti memosisikan kepala di bawah handuk menghadap semangkuk air panas yang mengepul. Richard kemudian  mengangkat kepala dan bercermin sambil berkata, “Saya tidak akan menahannya karena saya sangat mempesona.”

The Beatles meng-cover lagu klasik Richard, seperti “Long Tall Sally,” “Lucille,” dan “Hei-Hei-Hei-Hei!”. Lagu-lagu itu hampir semua dinyanyikan McCartney.

McCartney memberi penghormatan terakhir dengan lagu “I’m Down” yang menjadi lagu terbaik Little Richard yang tak pernah dia tulis.

“Seorang pria hebat dengan selera humor yang mengangumkan dan seseorang yang akan dirindukan komunitas rock and roll dan banyak lagi,” tulis McCartney.

Dia berterima kasih pada Richard untuk semua hal yang pernah diajarkan dan kebaikan yang pernah diperlihatkan hingga menjadikan dirinya sebagai teman bagi sang legenda.

“Selamat tinggal Richard dan a-wop-bop-a-loo-bop,” kata McCartney.

Musisi dan tokoh masyarakat, mulai dari Mick Jagger dan Michelle Obama hingga Spike Lee dan Bob Dylan, juga memberi penghormatan pada Richard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement