Senin 11 May 2020 19:06 WIB

Alonso Sebut Giancarlo Fisichella Tandem Terbaiknya di F1

Fisichella adalah tandem Alonso di tim Renault selama musim 2005 dan 2006.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Fernando Alonso
Foto: EPA-EFE/ANDRE PAIN
Fernando Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, OVIEDO -- Mantan pembalap F1 asal Spanyol Fernando Alonso menyebutkan satu nama yang ia anggap sebagai tandem terbaik selama masih aktif di ajang balapan jet darat. Alonso berkarier di F1 selama kurang lebih 17 tahun.

Alonso pernah membela tim Minardi, Renault, McClaren, dan Ferrari. Dari sekian banyak tim, Alonso tentu sudah merasakan berpartner dengan banyak pembalap kelas dunia. Nama-nama yang pernah satu tim dengan Alonso bukanlah pembalap sembarangan, termasuk dua juara dunia, Lewis Hamilton dan Jenson Button.

Satu nama partner yang paling dikenang Alonso adalah Giancarlo Fisichella. Fisichella adalah tandem Alonso di tim Renault selama musim 2005 dan 2006. Dua tahun balapan bersama Fisichella di Renault, Alonso meraih kesuksesan menjadi juara dunia F1. Prestasi yang tak dapat diulang pria 38 tahun itu di tim F1 lain.

Alonso menjadi juara dunia F1 yang cukup mengejutkan. Ia mampu merusak dominasi legenda hidup Ferrari, Michael Schumacher.

"Rekan setim terbaik saya? Saya pikir yang paling saya sukai adalah Giancarlo Fisichella. Saya memenangkan kejuaraan bersama Renault dan suasananya luar biasa," kata Alonso dikutip dari Marca, Senin (11/5).

Prestasi gemilang Alonso bersama Renault membuat tim kaya asal Inggris McLaren meminangnya di tahun 2007. Tapi sayang ketika itu kesuksesan Alonso tidak berlanjut. Karena ia malah menjadi rival rekan setimnya Lewis Hamilton yang di tahun 2007 muncul sebagai pembalap pemula.

Alonso aktif di balapan F1 sejak 2001 sampai 2018. Alonso identik dengan nomor 14.

Di balapan F1, Alonso selain dua kali menjadi juara dunia, juga mencatatkan 32 kemenangan, 97 podium, 22 kali pole position, dan 23 kali fastest laps. Total poin yang dikumpulkan Alonso di balapan F1 yakni 1.899.

Dari ratusan balapan yang diikutinya di F1, race yang paling dikenal pria kelahiran Oviedo Spanyol itu ialah Grand Prix Monaco dan Singapura. Karena di dua kota tersebut, balapan F1 digelar di sirkuit tengah kota. "Sirkuit perkotaan ini selalu menarik. Harus membuat saya berpikir keras," ujar Alonso.

Alonso resmi pensiun dari F1 tahun 2018 lalu. Tim terakhir yang dibela Alonso adalah Mclaren. Di tim ini ia menjadi pembalap cadangan.

Setelah pensiun dari F1, Alonso pindah ke FIA World Endurance Championship. Tim yang ia tunggangi sampai sekarang adalah Toyota Gazoo Racing. Di ajang FIA World Endurance Championship ini, Alonso tercatat sebagai juara umum di musim 2018/2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement