Jangan Langsung Sikat Gigi Usai Makan Sahur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

 Selasa 12 May 2020 02:44 WIB

Sikat gigi. Selepas makan sahur, tunggu 15 menit agar sampai ke waktu terbaik untuk menyikat gigi. Foto: Republika/Prayogi Sikat gigi. Selepas makan sahur, tunggu 15 menit agar sampai ke waktu terbaik untuk menyikat gigi.

Selama Ramadhan, jangan lupa sikat gigi sebelum tidur dan setelah sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Ramadhan, sikat gigi tetap tidak perlu terlalu sering. Gosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni setelah sahur dan menjelang tidur malam.

Akan tetapi, jangan langsung sikat gigi setelah makan sahur. Beri jeda 15 menit setelah makan.

"Itu waktu sikat gigi paling baik, karena pH di rongga mulut kita sudah normal kembali," ungkap dokter gigi yang juga influencer, drg Nurvitasari, dalam Muslimah Creative Stream Fest, yang diselenggrakan Scarf Media dengan dukungan Republika, belum lama ini.

Nurvitasari mengingatkan agar umat Islam tak lupa sikat gigi di malam hari. Setelah tarawih, orang biasanya masih makan lagi. Sikat gigi sebaiknya satu jam setelah makan malam.

Mengapa penting sikat gigi pagi hari dan malam hari? Nurvitasari menjelaskan, jarak untuk makan lagi masih lama dan mulut tidak digunakan untuk makan.

Bila tidak digunakan untuk makan, mulut akan kering. Ketika mulut kering, maka bakteri senang berkembang biak dan menyebabkan munculnya zat asam yang membut gigi berlubang dan bau mulut.

"Bau mulut dan mulut tidak segar apalagi saat puasa mungkin salah satu penyebabnya plak sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik setelah sahur dan malam hari," jelasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X