Senin 11 May 2020 11:16 WIB

Halimah Kecipratan Berkah Selama Menyusui Rasulullah SAW

Halimah as-Sadiyah mendapatkan berkah selama menyusui Rasulullah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Halimah As Sadiyah mendapatkan berkah selama menyusui Rasulullah. kaligrafi bertluliskan Muhammad
Foto: wikipedia
Halimah As Sadiyah mendapatkan berkah selama menyusui Rasulullah. kaligrafi bertluliskan Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibu persusuan Rasulullah SAW, Halimah as-Sa’diyah, mengakui bahwa keberkahan kerap menyelimutinya sejak dia mengambil Nabi Muhammad sebagai bayi yang akan disusuinya. Keberkahan tersebut juga diberitahukannya kepada suaminya.

Dalam buku Harta Nabi karya Abdul Fattah as-Saman dijelaskan, sejak Halimah mengambil Muhammad yang masih bayi untuk disusui, dia membawa beliau pulang dengan menggunakan kendaraannya. Rasulullah SAW diletakkan Halimah di pangkuannya untuk kemudian disusui. 

Baca Juga

Seketika, susu yang deras keluar dan beliau dapat minum hingga kenyang. Saudara sepersusuannya juga minum bersama beliau hingga kenyang. Lalu, keberkahan demi keberkahan pun meliputi Halimah dan suaminya.

Suatu hari ketika suami Halimah hendak memerah susu keledai betinanya, susu segar melimpah dari keledai betina tersebut. Halimah beserta suaminya pun minum dengan cukup dan merasa diselimuti dengan kebaikan sepanjang malam.

 

Menjelang pagi, suami Halimah berkata, “Tahukah kamu, wahai Halimah? Kamu telah mengambil bayi yang penuh dengan berkah.” Halimah pun menjawab, “Demi Allah, sungguh aku mengharapkan hal itu terjadi (dan terjadi).” 

Dalam kisah lainnya, Halimah pergi dengan keledai betina sambil menggendong Rasulullah SAW. Namun, jika diukur dari batas nalar logika, Halimah sadar bahwa seharusnya keledai betinanya tak akan mampu menempuh jarak dari perjalanan yang menurut dia jauh tersebut.

Halimah pun diingatkan teman-temannya agar berhati-hati dalam menempuh perjalanan. Sebab, batas kemampuan si keledai betina kemungkinan tak akan sekuat itu. Halimah pun menjawab, “Demi Allah, sungguh keledai betina itu menyimpan rahasia.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement