Nuzulul Quran, Rektor IAIN Palu: Jadikan Alquran Pedoman

Red: Nashih Nashrullah

 Ahad 10 May 2020 23:25 WIB

Nuzulul Quran momentum menjadikan Alquran pedoman hidup. Ilustrasi Alquran Foto: pxhere Nuzulul Quran momentum menjadikan Alquran pedoman hidup. Ilustrasi Alquran

Nuzulul Quran momentum menjadikan Alquran pedoman hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU— Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi, mengemukakan peringatan turunnya Alquran atau Nuzulul Quran merupakan momen untukmendalami dan menjadikannya sebagai tuntunan hidup.

"Momentum Nuzulul Quran penting dijadikan sebagai refleksi dan menjadikannya sebagai tuntunan dalam kehidupan kita, dengan cara mengkaji dan mentadabburAl Quran," ucap Sagaf Pettalongidi Palu, Minggu.

Makna dari Nuzulul Quran berkorelasi dengan substansi dari puasa yakni untuk mencapai taqwa, sesuai dengan Firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 183.

Baca Juga

Menurut Prof Sagaf, jika seorang Muslim dapat menjadikan Al Quran sebagai petunjuk maka dia akan meraih takwa di sisi Allah SWT.

"Karena takwa yang dikehendaki dalam Islam adalah manusia yang tidak hanya memiliki kedekatan dengan Allah, tetapi juga memiliki kedekatan dengan sesama manusia, "Qaribun mina Allah wa qaribun minan naas"," sebut Sagaf yang juga sebagai Wakil Ketua Umum MUI Sulteng.

Dia menyebutkan Alquran menekankan bagaimana manusia menjalani hidupnya di dunia dengan baik dan selamat, adalah dengan senantiasa menjaga hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia.

Alquran bagi Umat Islam harus diposisikan sebagai sumber petunjuk dan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Baik masalah kehidupan duniawi maupun ukhrawi.

Maka salah satu amalan yang penting untuk dilakukan di Bulan Ramadhan selain berpuasa, qiyamulail, dan bersedekah, juga harus memperbanyak membaca Alquran.

 

  

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X