Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Enam Hidangan yang Bisa Dibuat Menggunakan Slow Cooker

Senin 11 May 2020 03:15 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu (Foto: ilustrasi slow cooker)

Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu (Foto: ilustrasi slow cooker)

Foto: Flickr
Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perangkat dapur slow cooker yang memasak dalam waktu lama dengan suhu relatif rendah bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu. Berikut enam jenis hidangan yang bisa dijajal memakai alat masak elektrik itu, dikutip dari Live Strong, Senin (11/5).

Baca Juga

Roti gandum utuh
Bagi yang tidak memiliki oven atau pemanggang roti di dapur, bisa membuatnya dengan slow cooker. Buat adonan roti gandum utuh sesuai selera, kemudian letakkan di dalam perangkat dan biarkan hingga matang. Roti kaya serat dan vitamin B siap disantap.

Ikan
Satu kendala rumit dalam mengolah ikan adalah menentukan temperatur yang tepat. Kesulitan itu teratasi dengan slow cooker karena suhunya yang stabil. Perangkat ini juga mengurangi aroma amis. Menu yang bisa dicoba adalah olahan kukusan, rebusan, dan sup ikan.

Kacang-kacangan
Mengolah kacang-kacangan sangat tepat memakai slow cooker. Tingkat temperatur panasnya yang rendah namun merata mencegah kacang menjadi gosong. Semua bahan serta bumbu bisa langsung dimasukkan, namun perlu selalu diaduk setiap 20-30 menit sekali.

Kue tar keju
Kue tar keju alias cheesecake yang dipanggang menggunakan oven terkadang membuat teksturnya retak karena ada sejumlah titik panas. Berbeda dengan slow cooker yang membuat hasil cheesecake selembut sutra, cukup dengan meletakkan adonan di perangkat.

Bawang bombai
Menumis bawang bombai hingga terkaramelisasi adalah cara yang biasa dilakukan koki-koki profesional tanpa menambah kalori ekstra dan membuatnya mudah dicerna. Mengolahya lebih mudah dengan slow cooker, masukkan ke perangkat dan biarkan matang.

Fruit butter
Hidangan fruit butter dibuat dengan cara memasak buah dalam waktu lama hingga teksturnya menjadi pasta. Dengan slow cooker, tidak perlu memperhatikannya terus-menerus. Jika ingin tekstur yang lebih lembut, blender buah sebelum dimasukkan ke slow cooker.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA