Senin 11 May 2020 03:15 WIB

Enam Hidangan yang Bisa Dibuat Menggunakan Slow Cooker

Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu (Foto: ilustrasi slow cooker)
Foto: Flickr
Slow Cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu (Foto: ilustrasi slow cooker)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perangkat dapur slow cooker yang memasak dalam waktu lama dengan suhu relatif rendah bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis menu. Berikut enam jenis hidangan yang bisa dijajal memakai alat masak elektrik itu, dikutip dari Live Strong, Senin (11/5).

Roti gandum utuh

Baca Juga

Bagi yang tidak memiliki oven atau pemanggang roti di dapur, bisa membuatnya dengan slow cooker. Buat adonan roti gandum utuh sesuai selera, kemudian letakkan di dalam perangkat dan biarkan hingga matang. Roti kaya serat dan vitamin B siap disantap.

Ikan

Satu kendala rumit dalam mengolah ikan adalah menentukan temperatur yang tepat. Kesulitan itu teratasi dengan slow cooker karena suhunya yang stabil. Perangkat ini juga mengurangi aroma amis. Menu yang bisa dicoba adalah olahan kukusan, rebusan, dan sup ikan.

Kacang-kacangan

Mengolah kacang-kacangan sangat tepat memakai slow cooker. Tingkat temperatur panasnya yang rendah namun merata mencegah kacang menjadi gosong. Semua bahan serta bumbu bisa langsung dimasukkan, namun perlu selalu diaduk setiap 20-30 menit sekali.

Kue tar keju

Kue tar keju alias cheesecake yang dipanggang menggunakan oven terkadang membuat teksturnya retak karena ada sejumlah titik panas. Berbeda dengan slow cooker yang membuat hasil cheesecake selembut sutra, cukup dengan meletakkan adonan di perangkat.

Bawang bombai

Menumis bawang bombai hingga terkaramelisasi adalah cara yang biasa dilakukan koki-koki profesional tanpa menambah kalori ekstra dan membuatnya mudah dicerna. Mengolahya lebih mudah dengan slow cooker, masukkan ke perangkat dan biarkan matang.

Fruit butter

Hidangan fruit butter dibuat dengan cara memasak buah dalam waktu lama hingga teksturnya menjadi pasta. Dengan slow cooker, tidak perlu memperhatikannya terus-menerus. Jika ingin tekstur yang lebih lembut, blender buah sebelum dimasukkan ke slow cooker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement