Ahad 10 May 2020 11:40 WIB

Tiga Daerah Papua Barat akan Miliki Mesin PCR

Tiga daerah Papua Barat nantinya bisa melakukan tes mandiri.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi). Tiga daerah di Papua Barat akan membeli mesin PCR sendiri.
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi). Tiga daerah di Papua Barat akan membeli mesin PCR sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat menyampaikan tiga daerah di provinsi tersebut akan memiliki mesin polymerase chain reaction (PCR) atau alat tes swab untuk Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, Arnoldus Tiniap, Sabtu (9/5) malam, menyebutkan daerah yang memesan mesin PCT adalah Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Manokwari.

Dia mengatakan kabupaten Teluk Bintuni menganggarkan dana senilai Rp 2,5 miliar untuk membeli mesin PCT lengkap dengan seluruh perangkatnya. Kabupaten Teluk Bintuni juga sedang menyiapkan laboratorium dan mengirimkan tenaga khusus guna mengoperasikan mesin PCR tersebut untuk belajar cara mengoperasikannya.

Baca Juga

"Sehingga dalam waktu dekat kabupaten Teluk Bintuni sudah bisa melakukan pemeriksaan sampel swab pasien Covid-19 secara mandiri," ujarnya.

Menurut dia, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sorong juga telah memesan alat PCR tersebut. Sesuai informasi alat tersebut sedang disiapkan termaksud tenaga medis yang akan mengoperasikan mesin tersebut.

Dikatakan, Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Manokwari dan Rumah Sakit Umum Provinsi Papua Barat juga sedang memesan alat PCR guna memudahkan pemeriksaan sampel di wilayah Papua Barat.

"Jadi dalam waktu dekat Kabupaten Sorong, Kabupaten Bintuni, dan Kabupaten Manokwari tidak lagi mengirim sampel keluar Papua Barat tetapi melakukan pemeriksaan secara mandiri," tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement