Ahad 10 May 2020 08:29 WIB

Ninja Xpress Catat 2 Kali Kenaikan Paket Saat Pandemi

Pada saat normal, pengiriman paket Ninja Xpress mencapai 400 ribu.

Ninja Xpress.
Foto: Ninja Express
Ninja Xpress.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan logistik Ninja Xpress mengklaim kenaikan pengiriman paket sejak adanya pandemi Virus Corona hingga dua kali lipat dari capaian normal. Head of Brand Reputation Ninja Xpress Ribka Pratiwi dalam paparan virtual menjelaskan pada kondisi normal pengiriman paket mencapai angka 400 ribu kiriman per hari ke seluruh Indonesia.

"Semua bisnis logistik aturannya harus berjalan normal di tengah pandemi, kami mencatat kenaikan dua kali lipat selama pandemi berlangsung di bulan April," katanya.

Baca Juga

Ribka menjelaskan pengiriman paket berasal dari kerja sama dengan sejumlah lokapasar atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, serta mitra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun ia menjelaskan lantaran perusahaan pengiriman dan logistik itu menawarkan pengiriman yang tiba esok hari (next day dan reguler delivery). Untuk layanan ini produk yang banyak dikirimkan lebih banyak merupakan barang nonmakanan seperti produk fesyen.

Memasuki Ramadhan, Ribka memperkirakan kenaikan pengiriman mencapai 2,5 hingga 3 kali lipat dibanding hari normal. Tren kenaikan disebutnya memang terjadi di musim tertentu seperti Harbolnas hingga Ramadhan-Lebaran.

"Kenaikan biasanya 2,5 hingga 3 kali lipat, tapi Ramadhan kali ini berbeda karena ada pandemi, kami belum bisa mengungkapkan target kenaikannya," katanya.

Selama Ramadhan Ninja Xpress menggelar sejumlah program yakni mengajak para pelaku UMKM berkontribusi membantu masyarakat melalui penyaluran donasi yang disisihkan dari setiap pengiriman. Hingga April 2020, donasi yang telah terkumpul sebesar Rp 250.000.000 dan akan disumbangkan ke yayasan panti asuhan melalui Dompet Dhuafa yang tersebar di daerah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatra Selatan.

Program lainnya yakni Lokalisme spesial Ramadhan di mana perusahaan mendukung brand lokal lebih dikenal sambil menggalang donasi. Selain itu, ada pula kerja sama dengan Grab untuk layanan on-demand pengiriman paket ke daerah Jabodetabek dan Jawa melalui GrabExpress.

Ada pula promo spesial ongkos kirim untuk pengiriman parsel yang dipesan melalui Shopee selama Ramadhan di mana konsumen bisa mendapat ongkos kirim gratis dan mitra penjual bisa mendapat program pengembangan UMKM.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement