Ahad 10 May 2020 06:39 WIB

Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Makkah Siap Dibuka

Ruang operasi dan persediaan medis yang mudah dibongkar pasang juga disediakan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Makkah Siap Dibuka. Ilustrasi Rumah Sakit Corona
Foto: MgIT03
Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Makkah Siap Dibuka. Ilustrasi Rumah Sakit Corona

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Arab Saudi membangun rumah sakit lapangan khusus Covid-19. Direktur Direktorat Jenderal Kesehatan di Makkah, Wael Mutairi dan direktur Rumah Sakit Angkatan Bersenjata, Yasser Baabeer, telah melakukan inspeksi rumah sakit tersebut untuk mengecek kesiapan menerima pasien Covid-19.

Dilansir dari Arabnews, menurut Mutairi, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesiapan rumah sakit serta para tenaga medis dalam menerima pasien. Pendirian rumah sakit lapangan juga sebagai upaya Saudi secara proaktif mengambil tindakan pencegahan untuk menghadapi keadaan darurat dan kemungkinan krisis. 

"Rumah sakit-rumah sakit ini adalah bagian dari rencana yang menjadi tanggung jawab semua otoritas pemerintah, dengan kerja sama dari kementerian kesehatan dan pertahanan," ujar Mutairi, Ahad (10/4).

Yasser Baabeer menambahkan, bahwa kerja sama ini berasal dari tugas nasional dan kemanusiaan dari semua kementerian dan sektor pemerintah.

Rumah sakit lapangan khusus Covid-19 dibangun di atas lahan 2.000 meter persegi dan memiliki 100 tempat tidur. Termasuk di dalamnya, laboratorium, apotek, dan pemindai digital yang secara teknis difasilitasi di semua rumah sakit. Bukan hanya itu, ruang operasi dan persediaan medis yang mudah dibongkar pasang juga disediakan dalam waktu 60 jam kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement