Ahad 10 May 2020 00:01 WIB

Khabib Nurmagomedov: Nama Saya ‘Habib Nur Muhammad’

Nama Khabib Nurmagomedov memiliki arti Cinta Cahaya Muhammad.

Khabib Nurmagomedov
Foto: AP/John Locher
Khabib Nurmagomedov

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pecinta olahraga beladiri MMA pasti tahu siapa Khabib Nurmagomedov yang saat ini memegang gelar sabuk juara kelas ringan UFC. Tapi, siapa yang tahu apa arti nama Khabib Nurmagomedov.

Khabib maksudnya Habib yang artinya dalam bahasa Arab adalah cinta atau dicintai. Sedangkan, Nurmagomedov sebetulnya terdiri dari dua suku kata yakni ‘Nur’ (cahaya) dan ‘Muhammad’ (Nabi). 

Tapi, bagaimana bisa dari Habib jadi Khabib. Dari Nur Muhammad bisa berubah jadi Nur Magomedov. Begini asal usulnya.

Seperti dikutip dari medium.com, Keri Savoca mencoba memberikan penjelasannya. Ahli linguistik yang bisa lima bahasa ini menyebutkan semuanya berawal dari kesalahan pronunciation atau pelafalan.

Savoca menjelaskan Khabib Nurmagomedov tinggal di wilayah Dagestan di barat Rusia. Selain Rusia sebagai bahasa resminya, masyarakat di Dagestan berbahasa asli Avar. Khabib pun bisa bicara 5 bahasa yakni Rusia, Avar, Inggris, Turki dan Arab. 

‘’Nama Khabib Nurmagomedov merupakan transliterasi dari ХIабиб НурмухӀамадов (bahasa Avar),’’ tulis Savoca. ‘’Itu (ХIабиб НурмухӀамадов) merupakan nama orang Dagestan yang memiliki akar bahasa Arab dan penuh makna.’’ 

Savoca mengakui memang tidak mudah mentransliterasi nama dari bahasa Avar ke bahasa Rusia lalu ke bahasa Inggris. Karena, banyak huruf yang pelafalannya beda. Termasuk, beberapa huruf yang ada pada nama Khabib Nurmagomedov.

‘’ХIабиб НурмухӀамадов (nama Khabib Nurmagomedov dalam bahasa Avar) dilafalkannya atau dibacanya Ha-beeb Nur-mu-ha-ma-dov,’’ tulis Savoca.

Surname atau nama keluarganya НурмухӀамадов terdiri dari dua bagian yakni: Нур (cahaya) dan МухӀамадов (Muhammad). Нур dilafalkannya Nur (cahaya), МухӀамадов dilafalkannya mu-ha-ma-dov (Muhammad).

Nama Muhammad di Rusia ditulisnya Magomet. Ketika bahasa asing diterjemahkan ke bahasa Rusia, maka bunyi huruf ‘H’ dituliskan dengan huruf ‘G’. Seperti Harvard ditulisnya jadi Garvard dalam bahasa Rusia.

‘’Jadi, ketika nama Khabib ditransliterasikan dari bahasa Avar ke bahasa Rusia, jadinya Ha-beeb Nur-ma-go-med-ov,’’ tulis Savoca. ‘’Artinya tetap sama, bedanya hanya pada pelafalan fonetik.’’

Bagaimana dengan penulisan Khabib? Ini penulisan nama Khabib Nurmagomedov dalam bahasa Avar: ХIабиб НурмухӀамадов. Pelafalannya Ha-beeb (ХIабиб) Nur-ma-go-med-ov (НурмухӀамадов)

Dalam bahasa Rusia atau Avar, huruf X itu dibacanya H dengan suara keras. Seperti huruf ح dalam bahasa Arab. Huruf ح dalam bahasa Arab dan huruf X dalam alphabet Rusia (Cyrillic) ditransliterasikan ke bahasa Inggris jadinya ‘kh’. Huruf ‘k’-nya bukan berarti pronunciation, tapi berarti penekanan pada bunyi huruf ‘h’-nya.

Jadi, bunyi pelafalan Ha-beeb ditransliterasikan menjadi Khabib. Sementara, pelafalan Nur-mu-ha-ma-dov ditransliterasikan atau ditulis jadi Nurmagomedov.

Nama tengahnya ada nama ayahnya, yakni abdulmanap. Nama lengkapnya pun menjadi Khabib Abdulmanap Nurmagomedov.

Khabib artinya cinta atau dicintai. Nur berarti cahaya, magomedov artinya (Nabi) Muhammad. Jadi, arti kata dari nama Khabib Nurmagomedov adalah Cinta Cahaya Muhammad atau Cahaya Muhammad Yang Dicintai. Sungguh indah namanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement