Sabtu 09 May 2020 15:44 WIB

Orang Intel Diangkat Jadi Jubir Polri

Ahmad Ramadhan sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan di Baintelkam Polri.

Polri, ilustrasi
Polri, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui Surat Telegram (TR) bernomor ST/1383/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020, menunjuk Kombes Pol Ahmad Ramadhan sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri. Jabatan terakhir Ahmad Ramadhan adalah Analis Kebijakan Madya Keamanan Negara (Kamneg) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

"Saya basic intel, begitu lulus Sespimti langsung Anjak Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri," kata Ahmad melalui siaran pers, Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Kombes Ahmad di Humas Polri menggantikan posisi Kombes Pol Asep Adisaputra yang dipromosikan sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk II Sespim Lemdiklat Polri.

Meski demikian, Ahmad mengaku pernah juga bersinggungan dengan wartawan lantaran pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Bangka Belitung. Namun, Ahmad mengaku saat itu peran humas belum sepenting sekarang

"Tapi Kabid Humas tempo dulu, peran humas belum seperti sekarang, humas dulu lebih kepada penyampai informasi saja," ujarnya.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 berharap cepat beradaptasi dengan wartawan yang menjadi mitra strategis Polri dalam menyampaikan informasi yang sehat, sesuai fakta dan bermanfaat untuk publik. "Menurut saya humas dan media itu mitra, saling membutuhkan," ucapnya.

Mantan Kapolres Toli-toli, Palu, Sulawesi Tengah, ini mengatakan kerja intelijen dengan wartawan tidak jauh berbeda karena sama-sama mencari informasi dan menggalinya. Yang membedakan, kata dia, hanya informasi yang disampaikan. "Kalau wartawan untuk dipublikasikan umum, intelijen informasinya untuk pimpinan. Sama-sama mencari berita, mencari info," imbuhnya.

Kombes Ahmad Ramadhan, merupakan mantan Kapolres Toli-Toli selama dua tahun (2009-2011) dan sebagai Kapolres Palu, Sulawesi (2011-2013). Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau pada Mei 2016.

Perwira menengah dengan panggilan akrab Ramadhan ini lahir di Lampung, 2 Desember 1969. Pernikahannya dikaruniai empat anak. Pekerjaan orang tuanya sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil, membuatnya cukup akrab dengan pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement