Sabtu 09 May 2020 06:00 WIB

Akhirnya, FIFA Izinkan Lima Pergantian Pemain

Ini merupakan kebijakan sementara untuk menyikapi pandemi virus corona. 

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo FIFA
Foto: AP
Logo FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengizinkan pergantian hingga lima pemain bagi satu tim di setiap pertandingan. Ini merupakan kebijakan sementara untuk menyikapi pandemi virus corona. 

Dalam peratruan resmi FIFA, sebuah tim hanya diperbolehkan mengganti tiga pemain saja. Selain kebijakan itu, FIFA juga mengizinkan penundaan pemakaian VAR dalam suatu laga. 

Badan Pengatur Peraturan Sepak Bola (IFAB) menyatakan, regulasi temporer ini diambil berdasarkan proposal yang diajukan FIFA untuk melindungi pemain dari penyakit. 

Kemudian, peraturan diharapkan dapat mencegah kelelahan berlebihan akibat kompetisi yang terlalu lama berhenti selama pandemi Covid-19. Sejak sebagian besar liga sepakbola berhenti pada pertengahan Maret, banyak penyelenggara berniat melanjutkan kompetisi hingga selesai. 

"Keputusan ini datang karena efek yang dihasilkan (dari pandemi Covid-19), dan sudah disesuaikan dengan perbedaan cuaca yang memungkinkan berdampak pada pemain," bunyi pernyataan resmi FIFA, dikutip The Independent, Sabtu (9/5).

"IFAB dan FIFA akan mengevaluasi keputusan sementara dalam kemungkinannya untuk diperpanjang," lanjut mereka. 

Di Eropa, beberapa klub di negara seperti Italia, Jerman, dan Spanyol dikabarkan sudah menggelar latihan pertama mereka pada pekan ini. Diprediksi, kompetisi sudah dapat berjalan setidaknya pertengahan Juni mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement