Jumat 08 May 2020 19:28 WIB

Ada Penambahan, Total Positif Covid 19 di DIY Jadi 143 Orang

Kasus positif di DIY bertambah enam kasus baru sehingga total menjadi 143 orang.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Bayu Hermawan
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus positif Covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah enam orang. Hingga Jumat (8/5) hari ini, total kasus positif Covid 19 di DIY sudah mencapai 143 orang.

Juru Bicara Penanganan Covid 19 DIY, Berty Murtiningsih menjelaskan, enam kasus positif baru ini diantaranya, satu merupakan warga Kabupaten Sleman, empat warga Kabupaten Bantul dan satu warga Kabupaten Kulon Progo. 

Baca Juga

"Warga Sleman yakni berjenis kelamin laki-laki yang berumur 52 tahun. Kasus ini memiliki riwayat pernah mengikuti jamaah ke Gowa, Sulawesi Selatan," katanya.

Sementara itu, empat warga Bantul yakni berjenis kelamin laki-laki yang berumur 25 tahun, 43 tahun, 44 tahun dan perempuan berumur 14 tahun. Tiga laki-laki tersebut pernah melakukan kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif dan yang perempuan juga kontak dengan keluarganya yang positif Covid 19.

"Belum ada keterangan lengkapnya (pernah kontak dengan positif yang nomor kasus berapa), ini hasil anamnesa di rumah sakitnya. Akan komplit kalau sudah dilakukan tracing oleh kabupaten yang bersangkutan," ucapnya.

Satu warga Kulon Progo yang juga sudah dinyatakan positif yakni berjenis kelamin laki-laki, berumur 49 tahun. Pasien ini memiliki riwayat mengikuti sebuah acara di DKI Jakarta. Selain ada tambahan kasus positif baru, Berty juga mengatakan ada tambahan dua kasus positif yang sudah dinyatakan sembuh. Dua kasus ini diantaranya satu merupakan warga Sleman dan satu lainnya warga Bantul.

Warga Sleman yang sudah dinyatakan sembuh yakni kasus nomor 62 di DIY, berjenis kelamin laki-laki dan berumur 54 tahun. Sedangkan, warga Bantul yang sudah sembuh merupakan kasus nomor 76 dengan jenis kelamin perempuan, berumur 39 tahun.

"Dari 143 kasus positif di DIY, 59 kasus diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan tujuh kasus meninggal dunia," jelasnya.

Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga dilaporkan meninggal dunia pada 8 Mei ini. Dua PDP meninggal dunia ini belum sempat menjalani tes swab Covid 19. "PDP meninggal dunia ada warga Bantul yang berjenis kelamin laki-laki, berumur 61 tahun dan warga Sleman dengan jenis kelamin perempuan dan berumur 34 tahun," ujarnya.

Per 8 Mei ini, total PDP di DIY sudah mencapai 1.049 orang dengan 152 diantaranya masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. 124 PDP masih dalam proses laboratorium dan 12 diantaranya meninggal dunia.

"Yang sudah menjalani tes swab dan dinyatakan negatif sebanyak 782 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di DIY mencapai 5.272 orang," kata Berty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement