Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

PGN Awasi Pemasangan 20 Ribu Jargas di Pekanbaru

Jumat 08 May 2020 08:49 WIB

Red: Friska Yolandha

Ibu rumah tangga memperhatikan meter ukur sambungan gas  (ilustrasi). Pemerintah akan membangun 20 ribu sambungan gas di Pekanbaru.

Ibu rumah tangga memperhatikan meter ukur sambungan gas (ilustrasi). Pemerintah akan membangun 20 ribu sambungan gas di Pekanbaru.

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sebanyak 5.077 pemasangan jaringan gas itu ditargetkan rampung akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kota Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau akan mendapat jatah pemasangan 20 ribu sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga hingga tahun 2024 dari Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pemasangan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga

"Untuk tahun ini ada 5.077 sambungan yang dianggarkan," kata Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) Heri Susanto di Pekanbaru, Kamis (7/5).

Heri Susanto mengatakan pemasangan jaringan gas akan dilakukan secara bertahap di setiap tahunnya dengan lokasi kecamatan serta panjang berbeda-beda. Misalkan, kata dia, pada tahun ini Kota Pekanbaru mendapat 5.077 sambungan jaringan gas rumah tangga dari pemerintah pusat. "Pada tahun ini merupakan tahap III di empat kecamatan," katanya.

Heri Susanto mengatakan pemasangan sambungan jaringan gas rumah tangga merupakan proyek dari KementerianESDM. Tahun ini pemasangan sudah berlangsung di Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Senapelan, dan Kecamatan Limapuluh. "Jaringan gas rumah tangga itu akan diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu atau miskin," katanya.

Ia menyebut sejauh ini pemasangan jaringan di lapangan berjalan lancar dan pengawasan langsung dilakukan Perusahaan Gas Negara (PGN). Sebanyak 5.077 pemasangan jaringan gas itu ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Pada tahap I kemarin sudah terpasang sebanyak 3.317 sambungan di Kecamatan Limapuluh dan sudah berfungsi. Kemudian tahap II di tahun 2018 telah terpasang di Kecamatan Pekanbaru Kota dan Kecamatan Sail.

"Hingga total yang telah terpasang dan berfungsi pada tahap I dan II sebanyak 7.000 sambungan jaringan gas," tukasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA